Positif Corona 1.020 Orang: 17 Meninggal,  310 Dirawat, 693 Sembuh

81
Ilustrasi

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan, Minggu (9/8), ada penambahan 22 orang kasus baru konfirmasi positif. Dengan penambahan tersebut, jumlah warga Sultra yang terpapar virus corona mencapai 1.020 orang.

Laporan: Suhardiman Naba, Kendari

Selain penambahan kasus baru, diumumkan juga penambahan 11 orang kasus sembuh dengan tidak ada penambahan kasus meninggal.

Secara rinci, dari total kumulatif warga Sultra yang terpapar corona, sebanyak 693 orang dinyatakan sembuh, 17 orang meninggal dunia, serta 310 orang yang sedang menjalani perawatan.

Sabtu (8/8) lalu, ada penambahan 1 orang meninggal dunia, sehingga jumlah sebelumnya 16 orang menjadi 17 orang.

Dalam rilis resmi GTPP Covid-19, penambahan kasus meninggal akibat virus Covid-19 adalah perempuan berinisial B (65 tahun) asal Kota Kendari, meninggal dunia di

Rumah Sakit (RS) Bahteramas, Jumat (7/8) malam sekitar pukul 20.56 Wita.

Dijelaskan bahwa pasien tersebut dirujuk dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Abeli ke RS Bahteramas pada Selasa (4/8) sekitar pukul 11.25 Wita. Dilakukan rapid test hasilnya reaktif.

Kemudian, pasien dipindah ke ruang Isolasi Covid-19, dilakukan tes swab hasilnya konfirmasi positif.

Saat berada di ruang isolasi, kondisi pasien memburuk, dan tenaga medis memberikan pertolongan maksimal, namun pasien tidak bisa diselamatkan, dan dinyatakan meninggal dunia.

Pihak keluarga menerima kondisi tersebut setelah diedukasi oleh Tim Medis Covid-19 RS Bahteramas. Almarhum kemudian dikebumikan sesuai protokol kesehatan jenazah Covid-19 oleh Tim Pemakaman Jenazah Kepolisian Daerah (Polda) Sultra.

Data lain, sebaran jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 yang masih dalam perawatan di 17 kabupaten maupun kota dimulai dari Kota Kendari 148 orang, Baubau 88 orang, Buton 8 orang.

Kemudian, Muna 7 orang, Konawe 7 orang, Kolaka 7 orang, Konsel 11 orang, Wakatobi 4 orang.

Selanjutnya, Kolaka Utara 13 orang, Konawe Utara 3 orang, Buton Tengah 5 orang, serta Buton Selatan 7 orang, dan Muna Barat 2 orang.

Wilayah lain yang sementara tidak ada kasus konfirmasi positif dimulai dari Buton Utara, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, dan Bombana. (*)

Facebook Comments