Pengamat Pendidikan Apresiasi Bantuan SPP Mahasiswa Terdampak Covid-19

40

KENDARI, BKK- Pengamat Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra) Prof Abdullah Alhadza  mengapresiasi, bantuan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi mahasiswa terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) oleh pemerintah pusat.

Melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo. Menurut Alhadza, regulasi bantuan SPP mahasiswa tidak hanya menyentuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tetapi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga ikut merasakan bantuan tersebut.

Alhadza menuturkan, bantuan ini juga memberikan angin segar kepada mahasiswa di PTS terdampak Covid-19. Mengingat akibat wabah, jelas dia, penghasilan orangtua dan mahasiswa yang kuliah sambil kerja turun drastis.

“Jadi bantuan ini harus lihat urgensinya, yakni diperuntukan kepada mahasiswa yang betul-betul  membutuhkan. Jangan sampai yang tidak berhak malah dapat, kan ini yang sering terjadi di kita,” ujarnya, Sabtu (1/8).

Lebih lanjut, dia mengatakan, yang namanya prinsip keadilan itu tidak mesti sama rata. Melainkan yang membutuhkan lebih banyak, maka dia diberikan lebih banyak.

“Kalau keadilan memakai prinsip sama rata, itu namanya mengadopsi ajaran komunis. Kalau dia (mahasiswa) merasa mampu, apa salahnya kalau dia berpartisipasi membantu saudaranya,” ucapnya.

Dikatakan, tidak kalah penting peran perguruan tinggi wajib hadir dan berperan aktif melakukan pendataan serta seleksi yang baik.

“Oleh karenanya, saya berharap mahasiswa yang memang tidak mampu secara ekonomi dapat terkafer mendapatkan bantuan SPP tersebut,” tuntasnya. (r1/nir)

Facebook Comments