Karena Covid-19, Kelulusan SMMPTN UHO Gunakan Nilai Rapor

203
Dr La Hamimu.

KENDARI, BKK- Pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) memaksa Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Halu Oleo (UHO) tahun ini berbeda.

Kalau sebelumnya menggunakan ujian tes berbasis komputer (UTBK), Wakil Rektor (WR) I UHO Dr La Hamimu Sabtu (15/8) mengatakan, tahun ini  kelulusan calon mahasiswa baru (camaba) universitas negeri terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya menggunakan nilai rapor toh.

“Sebab, jika universitas menerapkan tes, dikhawatirkan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Ia melanjutkan, langkah ini merupakan upaya universitas untuk ikut menekan angka penularan Covid-19.

“Jika SMMPTN UHO dibuka, tentu akan terjadi perkumpulan banyak orang di lingkup kampus. Sebenarnya itu yang kita hindari saat ini,” ujarnya.

Masih kata dia, pendaftaran akun SMMPTN dibuka sejak 7-20 Agustus 2020, pendaftaran SMMPTN 12-25 Agustus 2020, verifikasi dan seleksi 25-30 Agustus 2020.

Sedangkan, pengumuman hasil SMMPTN pada 31 Agustus 2020 di laman http://uho.ac.id atau https://spmb.uho.ac.id.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilalui camaba jalur SMMPTN. Pertama, membuat akun, lakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank BRI senilai Rp150.000 sampai 21 Agustus. Kemudian pengisian portofolio dan pemilihan program studi (prodi) sampai pada 25 Agustus. Selanjutnya verifikasi dan seleksi 25-30, serta pengumuman SMMPTN dilakukan pada 31 Agustus 2020,” ucapnya.

Jalur SMMPTN, sebut Hamimu, seluruh jurusan di UHO dibuka. Bahkan, di jalur SNMPTN dan SBMPTN yang sudah berakhir pendaftarannya, menyisakan ada beberapa program studi (prodi) yang kuotanya belum terpenuhi.

Diketahui, tahun ini UHO menyiapkan kuota Maba sebanyak 8.760 di tiga jalur pendaftaran, seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 30%, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 40%, dan SMMPTN 30%. (r1/iis)

Facebook Comments