Irham Kalenggo Terlempar dari Pilkada konsel

277
Irham Kalenggo

KENDARI, BKK- Setelah Partai Golkar memutuskan memberikan dukungan kepada Surunuddin Dangga di Pemilihan Bupati Konawe Selatan (Konsel), pertanyaan berikut adalah bagaimana nasib Irham Kalenggo, Ketua Golkar dan juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel?

Rekomendasi Golkar terbit Senin (25/8) lalu. Pada hari yang sama dengan terbitnya surat rekomendasi yang diterima Surunuddin di Jakarta, Golkar Konsel menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV dan Irham Kalenggo kembali terpilih sebagai Ketua DPD II Konsel untuk periode 2020-2025. Ia memenangkannya secara aklamasi.

Irham dalam sambutannya di musda tersebut berjanji akan bekerja keras untuk lebih membesarkan partai besutan Airlangga Hartarto itu di Konsel.

Sejatinya, Irham telah meminang mantan birokrat, Beangga Harianto. Baliho pencalonan keduanya tersebar di wilayah Konsel. Sayang, Irham tak mendapatkan satu pun partai politik (parpol) yang mau mengusungnya untuk maju sebagai calon bupati.

Niat berduet dengan kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Arsalim Arifin, yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Konsel pun mustahil terwujud.

Pasalnya, Gerindra sendiri tidak bisa membentuk poros baru untuk mengusung 1 bakal pasangan calon (bapaslon) dengan hanya memiliki 5 kursi legislatif. Syarat minimal untuk mendaftar di komisi pemilihan umum (KPU) setempat yakni minimal harus mengantongi 7 kursi dari 35 kursi di DPRD Konsel.

Sehingga, dapat dipastikan Pilkada Konsel 2020 bakal diramaikan oleh 3 bapaslon saja. Yaitu Surunuddin Dangga yang berpasangan dengan anggota Komisi II DPRD Sultra Rasyid yang telah mengamankan rekomendasi dari Partai Golkar 6 kursi, Partai Nasional Demokrat (NasDem) 5 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 1 kursi, dan Partai Bulan Bintang (PBB) 1 kursi.

Kemudian bapaslon dengan tagline Konsel Baru, yakni Wakil Ketua DPRD Sultra Muhammad Endang SA berpasangan dengan kader Gerindra Wahyu Ade Pratama yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) 3 kursi dan Partai Demokrat 4 kursi.

Terakhir, bapaslon Rusmin Abdul Gani yang berpasangan dengan anggota DPRD Konsel Senawan Silondae diusung oleh Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 2 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 5 kursi, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 kursi.

Tinggal menunggu Gerindra untuk memutuskan akan merapat pada salah satu dari 3 bapaslon tersebut. (p5/iis)

Facebook Comments