Sapi Kurban Sumbangan Presiden Jokowi Berasal dari Desa Lawoila Konsel

144
Sapi jenis mental. (FOTO: IST)

KENDARI, BKK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan 1 ekor sapi kurban untuk Sulawesi Tenggara (Sultra), dengan harga Rp80 juta. Sapi tersebut berasal dari Desa Lawoila, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sultra Ari Sismanto mengatakan, sesuai hasil pertemuannya yang digelar bersama instansi terkait, pihaknya menyebutkan sapi dari Presiden Jokowi proses kurban akan dilaksanakan di Masjid Al-Kautsar Kendari, yang berlokasi di jalan H Abdul Silondae Mandonga.

“Sapinya diambil dari kabupaten Konsel, dengan jumlah 1 ekor dengan harga dikisaran Rp80 juta,” ujarnya, saat dihubungi lewat telepon genggamnya, Minggu (26/7).

Ari menyebutkan, jenis sapi yang dibeli Jokowi yakni sapi mental atau si mental, dengan berat 919 kilogram (kg).

“Dengan lingkar dada 220, panjang 157 dan tinggi badan 144. Yang mana hasil kurbannya nanti akan dibagikan ke masyarakat,” paparnya.

Dikatakan pula, sapi asal Desa Lawoila Konsel tersebut adalah milik Suyatno.

Diketahui, Jokowi berkurban sapi bukan kali pertama diadakan di Sultra, tahun lalu Presiden Jokowi juga menyumbangkan sapi pilihannya, peranakan ongole (PO), dengan berat 750 kg yang didapatkan dari Ismail, seorang warga di Desa Cialam Kecamatan Konda, Kabupaten Konsel.

Sapi kurban milik Jokowi itu dikurbankan di Pondok Pesantren Modern Gontor Putri IV, di Desa Lamomea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konsel itu turut disaksikan Gubernur Sultra Ali Mazi saat itu. (m3/cnir)

Facebook Comments