Rajiun atau dr Baharuddin? Ini Kata Demokrat dan Gerindra

393

KENDARI, BKK- Partai Demokrat dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) belum mengeluarkan keputusan resmi perihal bakal calon (balon) mana yang bakal diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muna 2020, apakah LM Rajiun Tumada atau LM Baharuddin, atau bahkan bukan keduanya.

Kedua partai sama-sama masih menunggu keluarnya surat keputusan (SK) rekomendasi dewan pimpinan pusat (DPP) masing-masing.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Endang SA mengatakan, Senin (27/7), pihaknya telah mengusulkan 3 nama ke DPP, yakni petahana Rusman Emba, mantan Bupati Muna periode 2010-2015 dr Baharuddin, dan Bupati Muna Barat (Mubar) Rajiun Tumada.

“Kita di Demokrat punya panduan dan regulasi sehingga muncul 3 nama yang diusulkan ke pusat. Jadi 3 nama itu kita dorong. (Ini) lagi tunggu keluarnya rekomendasi dari DPP Demokrat,” ujar Endang.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Muna Awal Jaya Bolombo ditemui terpisah mengatakan, 3 nama yang didorong di DPP tersebut mempunyai peluang yang sama. Akan tetapi, Awal mengaku, pihaknya akan menambah jumlah calon di Pilkada Muna dan bukan hanya sebagai pelengkap rekomendasi pasangan calon (paslon).

“Sehingga, calon yang menggunakan pintu Demokrat itu harus berpasangan dengan kader kita. Bisa dengan Ketua DPC Taufan Alam atau Aisyah Ditu, dua-duanya merupakan kader potensial,” ucap Awal.

Sementara, Partai Gerindra sampai saat ini belum mengeluarkan satu pun SK rekomendasinya dari 6 kabupaten yang akan menggelar pilkada. Sekretaris DPD Gerindra Sultra Safarullah mengatakan, partai besutan Prabowo Subianto tersebut bakal mengeluarkan SK rekomendasinya pada balon kada setelah kongres luar biasa nasional Partai Gerindra di Agustus mendatang.

“DPP belum mengeluarkan rekomendasinya, nanti setelah kongres,” kata Safarullah.

Untuk Pilkada Muna, pihaknya pun mendorong 3 nama yakni Rusman Emba, dr Baharuddin, dan Syarifuddin Udu.

Diketahui, sebagian besar partai politik (parpol) yang memiliki kursi legislatif telah diamankan oleh petahana Rusman Emba. Di antaranya Golkar (4 kursi), PKB (4 kursi), PKS (2 kursi), PDIP (4 kursi).

Sementara, Partai NasDem (2 kursi) telah menerbitkan rekomendasinya untuk Rajiun Tumada dan Hanura memberikan rekomendasinya untuk Syarifuddin Udu. Adapun PAN (1 kursi) tengah mendorong kadernya untuk maju pilkada, yakni dr Baharuddin.

Sampai saat ini, parpol yang belum menerbitkan rekomendasinya di Pilkada Muna yakni Demokrat (4 kursi), Gerindra (3 kursi), dan PPP (1 kursi). Untuk mendaftar di KPU, paslon setidaknya harus mengantongi 6 kursi dari total 30 kursi di DPRD Muna. (p5/iis)

Facebook Comments