Poltekkes Kendari dan Balitbang Teken MoU Terkait Penelitian dan pengabdian

33
Pelaksanaan MoU antara Poltekkes Kendari  dan Balitbang Sultra. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari meneken Memorandum of Understanding (MoU), dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sulawesi Tenggara (Sultra).

MoU tersebut terkait dengan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Direktur Poltekkes Kendari Askrening mengatakan, kerja sama antara Poltekkes dengan Balitbang sebelumnya sudah pernah terjalin, bahkan Poltekkes pernah mendapatkan penghargaan dari Balitbang terkait penelitian daerah pesisir.

Ia menjelaskan, ke depan dengan MoU ini dapat lebih maksimal mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Apalagi saat ini Balitbang masih kekurangan tenaga.

“Saya akan komunikasikan dengan Kepala Balitbang, agar mahasiswa dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan, utamanya terkait dengan pelaksanaan penelitian,” ujarnya, Selasa (30/6).

Dia bilang, MoU ini sangat membantu Poltekkes, mengingat pembiayaan kegiatan selama ini diambil dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

“Alhamdulillah, kerja sama ini dapat meningkatkan pengembangan penelitian, pengabdian dosen dan mahasiswa. Sehingga, selalu menciptakan inovasi yang memberi dampak positif bagi daerah,” tandasnya.

Sementara, Kepala Balitbang Sultra Sukanto Toding menuturkan, Balitbang sebagai unit kerja yang diarahkan untuk mendorong inovasi dan daya saing daerah.

Tentu, kata dia, kehadiran Poltekkes yang mengkhususkan diri di bidang kesehatan sangat dibutuhkan perannya, dalam rangka menciptakan inovasi terbarukan.

“Contoh inovasi yang sudah pernah kita kerja sama, pembuatan teknologi berbahan dasar ulat sagu. Dimana ulat sagu bisa digunakan sebagai pengganti telur, karena kandungan proteinnya sangat tinggi,” tuntasnya. (r1/nir)

Facebook Comments