Pemkab Muna Proses Pemberhentian Kades Korihi

21

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna memproses pemberhentian Kepala Desa (Kades) Korihi, Wa Ode Rinaliah.

Waode Rinaliah ini mengundurkan diri setelah selama 11 tahun menjabat sebagai Kades Korihi karena masyarakat setempat melakukan aksi unjuk rasa dengan cara memblokir jalan utama di Kecamatan Lohia selama dua pekan terakhir.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam mengatakan saat ini pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Kades Korihi. Dengan adanya surat tersebut, kata dia, saat ini pihaknya tengah memprosesnya.

Hanya saja, sambung dia, pihak DPMD Muna intruksi Bupati Muna, LM Rusman Emba. Sebab, proses pemberhentian seorang kades itu dilakukan oleh Kepala Daerah. “Kita masih menunggu  Pak Bupati Muna dulu. Saat ini proses pemberhentiannya sudah ditangani Asisten I Pemda Muna,” tambah Rustam.

Dijelaskannya, jika orang nomor satu di Kabupaten Muna itu telah menyetujui surat pemberhentian Kades Korihi, maka segera dilakukan penunjukkan pelaksana tugas (plt) untuk menduduki jabatan sebagai Kades Korihi.

“Karena yang bersangkutan (Kades Korihi red) mundur dari jabatannya, maka kita tunjuk Plt kades dan buatkan SKnya,” pungkasnya. (tri/r4)

Facebook Comments