Manfaatkan Aliran Sungai, Puluhan Mahasiswa KKN Tematik UHO Budidayakan Ikan di Keramba

111
Dosen pembimbing lapangan, Lina Lestari dan sebagian mahasiswa berfoto bersama di depan keramba.

KENDARI, BKK- Manfaatkan aliran sungai, dosen dan 22 mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO), membuat keramba dan membudidayakan ikan di sungai yang melintasi Perumahan Tamansari Kahyangan Kendari.

Kegiatan tersebut sebagai upaya memasuki tatanan kehidupan baru (new Normal), akibat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ketua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik UHO Lina Lestari mengatakan, pembuatan dan budidaya ikan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh  dosen yang terintegrasi. Disamping sebagai penuntasan mata kuliah KKN bagi mahasiswa.

Lina menjelaskan, dalam pengabdian ini pihaknya telah berhasil membudidayakan 550 ekor ikan mujair, 400 ekor ikan nila, dan akan menyusul ikan mas, dan ikan lele.

“Budidaya ikan ini untuk membantu petugas keamanan (satpam) dan cleaning service (petugas kebersihan) perumahan Tamansari Kahyangan, dalam  menghadapi ketidakpastian pendemi Covid-19,” ujarnya, Senin (13/7).

Dijelaskan, program pengabdian dosen terintegrasi KKN Tematik dilakukan di Desa Ranooha Ranomeeto ini berlangsung selama 30 hari, diikuti 22 mahasiswa dari program studi (prodi) yang berbeda.

“Jadi, untuk prodi yang mengikuti kegiatan ini yaitu Budidaya Perairan, Manajemen Sumber Daya Perairan, Bioteknologi, Biologi, Psikologi, PPKn, Ilmu Kelautan, Statistika, Akuntasi, dan Manajemen,” paparnya.

Dia menambahkan, KKN Tematik yang dilakukan UHO merupakan agenda yang dilakukan tiap tahunnya, dengan maksud untuk meningkatkan pengabdian dosen kepada masyarakat.

Sementara, Manajer Tamansari Kahyangan Kendari Ibnu Fajar S mengaku sangat mengapresiasi kegiatan budidaya keramba ikan.

“Saya berharap, keramba yang dibuat ini bisa bertambah hingga termanfaatkan maksimal aliran sungai yang melintas di kawasan perumahan,” pungkasnya. (r1/nir)

Facebook Comments