KPU Sultra Gelar Launching dan Bincang Buku Pemilu 2019

33
KPU Sultra menggelar lauching dan bincang buku pemilu 2019.

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar launching dan bincang buku pemilihan umum 2019, pada Selasa (28/7) di aula Husni Kamil Manik KPU Sultra.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, dalam acara tersebut KPU Sultra secara resmi meluncurkan 4 judul buku. Masing-masing dengan judul Dilema Badan Penyelenggara Pemilu, Data dan Informasi Permasalahan Hukum Pemilu 2019, Membaca Pemilih Sultra 2019, dan Profil Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2019.

Dalam kegiatan yang juga dilangsungkan secara live streaming via Youtube dan Facebook tersebut, dirangkaikan dengan bedah buku oleh Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Muh Zamrun dan pengamat politik Sultra dr Najib Husain.

“4 buku ini memuat napak tilas KPU dalam menjalankan hajatan demokrasi, khususnya pemilu 2019 lalu. Kehadiran dari 4 buku ini, kita harapkan dapat mengedukasi masyarakat akan pemahaman dalam penyelenggaraan pemilu. Masyarakat juga dapat memberikan penilaiannya kepada penyelenggarakan pemilu,” ujar pria yang akrab disapa Ojo ini.

Ojo melanjutkan, jika publik menilai ada beberapa kecacatan prosedural pada proses penyelenggaraan pemilu, maka diharapkan bisa memberi masukan yang konstruktif. Karena sebut Ojo, penting sebagai stimulus positif bagi KPU untuk melakukan perbaikan dalam hajatan 5 tahunan tersebut kedepannya.

“Dan begitu pun sebaliknya, jika kinerja KPU dianggap telah baik, maka kita akan terus tingkatkan akan lebih baik lagi. Agar, pemilu yang profesional, tertib, dan prosedural dapat benar-benar terwujud,” pungkasnya. (p5/nir)

Facebook Comments