KPU Lantik 2.087 PPDP

28
La Ode Abdul Natsir Muthalib. (FOTO: AINI/BKK)

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 7 kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020, diwajibkan melantik atau mengukuhkan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) sebelum mulai bertugas hari ini, Rabu (15/7).

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib pada Selasa (14/7) mengatakan, PPDP sudah harus mulai bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada 15 Juli 2020.

Sebelum turun lapangan, kata Ojo, PPDP dikukuhkan lewat proses pelantikan. KPU RI sendiri sudah mengirim intruksi dalam surat tertanggal 12 Juli lalu, yang mengatur mekanisme pelantikan PPDP di Pilkada 2020.

“Ada 7 poin utama pada surat yang diteken Ketua KPU RI, Pak Arief Budiman tentang pelantikan PPDP. Yakni sebelum bertugas melakukan coklit. Pelantikan di masa pandemi Covid-19 ini pun dilakukan dengan 2 metode, yakni secara online dan offline atau tatap muka langsung, tetapi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” beber pria yang akrab disapa Ojo ini.

Ojo menjelaskan, pelantikan PPDP secara online dilaksanakan dengan mendelegasikan pelantikan kepada masing-masing anggota KPU Kabupaten yang akan menggelar hajatan 5 tahunan tersebut.

“Masing-masing anggota KPU melantik PPDP dalam satu kecamatan, kelurahan, desa, atau gabungan kecamatan yang berbeda dan dilakukan secara bergelombang, sesuai jumlah PPDP yang akan dilantik,” paparnya.

“Sedangkan pelantikan dengan langsung, dapat dilakukan pada masing-masing desa atau kelurahan, dengan mendelegasikan kewenangan pelantikan kepada Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara),” tambah Ojo.

Dia bilang, bila kesulitan melantik secara online karena akses komunikasi maupun tatap muka akibat kondisi geografi dan waktu, atau sudah melakukan bimbingan teknis (bimtek) tanpa diawali pelantikan kepada PPDP, maka KPU se tempat cukup menyerahkan salinan surat keputusan pengangkatan PPDP melalui PPS.

“Di Sultra, ada 2.087 orang petugas PPDP yang terdiri dari 408 petugas di Muna, 632 petugas di Konawe Selatan (Konsel), 274 petugas di Wakatobi, dan 200 petugas di Konut. Sementara di Kolaka Timur (Koltim) jumlahnya ada 303 petugas, lalu di Konawe Kepulauan (Konkep) ada 101 petugas dan di Buton Utara (Butur) ada 169 petugas,” tuntasnya. (p5/nir)

Facebook Comments