Jadi Terdakwa, Status Tahanan Kadis Peridag Muna Dialihkan

30
Kadis Perindag Muna, La Ode Darmansyah (paling kakan), bersama penasihat hukumnya dan Karutan Raha, La Ode Masrul.

RAHA, BKK – Status tahanan Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Muna, La Ode Darmansyah dialihkan menjadi tahanan kota.

Pengalihan status tahanan itu dilakukan setelah La Ode Darmansyah menjadi terdakwa saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Raha dengan agenda pembacaan dakwaan, Selasa (30/6) lalu.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Klas II B Raha, La Ode Masrul mengatakan pengalihan status tahanan Kadis Perindag Muna itu setelah penasihat hukumnya melakukan permohonan penangguhan penahanan kepada majelis hakim PN Raha.

“Pengalihan status tahanan Drs La Ode Darmansyah menjadi tahanan kota,  adalah kewenangan hakim di PN Raha. Jaksa itu tinggal mengeksekusi saja. Kita di Rutan begitu ada penetapan itu, hanya melaksanakan administrasinya saja, ” katanya.

Dikatakan, La Ode Darmansyah mendekam di dalam sel tahanan Rutan Klas IIb Raha sejak delapan hari yang lalu atas titipin tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna.

Sementara itu, Abdul Rahman SH selaku penasihat hukum terdakwa membenarkan jika saat ini status tahanan kliennya telah dialihkan menjadi tahanan kota. Meski demikian, kliennya tersebut tetap melakukan wajib lapor di Kejari Muna.

Dijelaskannya, saat ini La Ode Darmansyah masih akan menjalani proses sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. “Dalam sidang pembacaan dakwaan kemarin, jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Muna dia (La Ode Darmansyah red) dijerat dengan Pasal 351 KUHP dengan ancaman 2 tahun 5 bulan kurungan penjara,” pungkasnya. (tri/r4)

Facebook Comments