Herry Asiku: Arah Dukungan Golkar di Pilkada 2020 Merujuk Hasil Survei

103
Herry Asiku. (FOTO: AINI/BKK)

KENDARI, BKK – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Sulawesi Tenggara (Sultra) Herry Asiku mengatakan, dukungan partai besutan Airlangga Hartanto dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 pada 7 Kabupaten di Sultra tergantung pada hasil survei akhir yang diperoleh kandidat.

Kecuali di Wakatobi, pihaknya sudah memastikan mengusung petahana Arhawi. Herry mengaku, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk Arhawi.

“Tinggal diperbaharui dalam bentuk surat B1KWK untuk mendaftar di KPU (Komisi Pemilihan Umum) se tempat,” ujar Herry, Rabu (1/7).

Sedangkan 6 daerah pilkada lainnya, Wakil Ketua DPRD Sultra ini mengatakan masih berbentuk surat tugas. Jadi, kata dia, dukungan itu masih bisa berubah.

Sementara, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD I Golkar Sultra Abdul Rahman Rahim mengatakan, Partai Golkar bakal mengeluarkan rekomendasi terhadap kandidat yang setidaknya memiliki elektabilitas diatas 50%.

Ia mengaku, partai mencari kandidat yang berpeluang besar untuk menang.

Diketahui, Golkar memiliki kursi legislatif di 7 daerah pilkada, tetapi tidak semuanya bisa mengusung sendiri dan butuh koalisi. Terbanyak di Wakatobi yakni 9 kursi, Konawe Selatan (Konsel) 6 kursi, Muna 4 kursi, Konawe Kepulauan (Konkep) 3 kursi, Buton Utara (Butur) 3 kursi, Kolaka Timur (Koltim) 2 kursi, dan Konawe Utara 1 kursi. (p5/nir)

Facebook Comments