Gaji ke-13 ASN Kendari, Wali Kota Masih Lihat Kondisi Fiskal

67
Sulkarnain. (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengatakan, rencana penyaluran gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) yang pusat tetapkan pada Agustus nanti, pihaknya masih harus melihat kondisi fiskal daerah apakah mencukupi.

“Kabarnya Agustus (dicairkan), tapi tentu kita harus berhati-hati, karena kita tahu betul kondisi fiskal daerah saat ini, termasuk Kota Kendari. Yang belum kita tahu (apakah) kebutuhan fiskal ini mampu mencukupi (hingga) akhir tahun, di tengah angka Covid-19 yang masih fluktuatif dan dinamis,” ujar Sulkarnain.

Menjaga kondisi fiskal, menurut dia, sangat perlu dilakukan sebagai salah satu kebijakan ekonomi, untuk mengelola perekonomian ke kondisi yang lebih kondusif, terlebih di tengah pandemi Covi-19 ini.

“(Tahun) ini kan masih ada beberapa bulan (lagi). Masih ada 5 bulan yang harus kita jaga betul, sehingga keuangan daerah bisa cukup nanti untuk melaksanakan pelayanan untuk memenuhi keperluan masyarakat dalam skala yang lebih luas,” jelas Sulkarnain.

Saat ditanya berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk membayar gaji ke-13 ASN, Sulkarnain enggan menyebutkan. Pasalnya, kata dia, pihaknya sampai sekarang masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Keuangan perihal proses penyalurannya.

“Untuk anggaranya, ini kan transport dari pemerintah pusat, jadi kita masih tunggu. Makanya selain juknisnya, dananya juga kita masih tunggu. Mudah-mudahan tepat waktu nanti, sehingga bisa kita berikan nanti kepada teman-teman ASN yang sudah bekerja keras dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya. (m1/iis)

Facebook Comments