Disebut Termahal Kedua se-Indonesia, H Sulkarnain Akan Tinjau Ulang Tarif PDAM Tirta Anoa

84
H Sulkarnain. (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Disebut termahal kedua se-Indonesia, Wali Kota Kendari H Sulkarnain akan tinjau ulang tarif Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari.

Pasalnya, saat saat ini tarif PDAM Terta Anoa berkisar Rp6.200 untuk pemakaian 1-10 m3.

“Saya bakal tinjau kembali harga kebutuhan air yang banyak dibutuhkan masyarakat kita. Bila perlu kami akan koreksi potensi untuk menurunkan tarifnya,” ujar H Sulkarnain, kemarin.

“Jadi, nanti tarif air bersih kita akan tinjau ulang, kalau bisa kita turunkan. Karena mengingat tak akan lama lagi akan ada pengembangan dan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kendari, dengan total investasi sebesar Rp380 miliar,” tambahnya.

Lebih lanjut, H Sulkarnain mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah melakukan market sounding untuk mencari calon investor yang bakal mengelola SPAM PDAM. Dimana hasilnya ada 3 perusahaan yang berminat.

“Nanti dari 3 perusahaan tersebut akan diseleksi dan diputuskan lewat lelang terbuka. Akan tetapi sampai hari ini (kemarin, red), yang berminat sampai sungguh-sungguh serius itu adalah PT Adhi Karya, dan saat ini sudah sampai tahap penuntasan feasibility study,” paparnya.

Politisi PKS itu berharap, pembangunan ground breaking sudah bisa dilakukan Januari mendatang, supaya pelayanan air bersih di Kota Kendari bisa segera berjalan seperti hari normal.

“Kepada para pelanggan mohon bersabar, karena ini tidak sederhana problemnya. Kompleks sekali mulai dari intakenya, jaringan perpipaan termasuk jaringan pelayanan kepada masyarakat. Saya optimis ke depan dengan kolaborasi yang kami buat, bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” pungkas H Sulkarnain. (m1/nir)

Facebook Comments