Dilamar Gerindra Jadi Ketua, Siska Masih Timbang-Timbang

49
Siska Karina Imran
Samsuddin Rahim. (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kendari menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Siska Karina Imran, berkait rencana Partai Gerindra menjadikan Siska Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekretaris PAN Kota Kendari Samsuddin Rahim mengatakan, Senin (27/7), partainya tidak mempermasalahkan keinginan partai berlambang burung garuda untuk menjadikan Siksa sebagai Ketua Gerindra Sultra, termasuk jika nantinya Siska kemudian memilih Gerindra.

“Demokrasi ini tidak bisa kita paksakan. Semuanya akan berjalan mengalir seperti air. Kami tidak mendukung dan tidak melarang, tetapi kita serahkan sepenuhnya kepada beliau, karena itu adalah pilihan politiknya,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Kendari ini menjelaskan, dalam politik memang banyak pilihan-pilihan bagi kader yang berstatus kepala daerah, tapi ingin berpindah kendaraan. Apalagi sistem demokrasi saat ini yang tidak mungkin partai melarang kadernya untuk berpindah partai.

“Karena itu ada ikatan-ikatan ideologi. Nah, kalau misalnya Siska memutuskan pindah ke Gerindra, mungkin ideologilah yang buat beliau sudah tidak sepaham lagi, nah itu sudah tidak bisa kita paksa. Oleh karena itu, kami serahkan sepenuhnya kepada Siska untuk menentukan pilihannya,” bebernya.

Terkait apakah ada sanksi jika nantinya Siska berpindah partai, Samsuddin menegaskan, bahwa tidak ada sanksi, karena semua itu adalah pilihan politik.

“Beliau kan wakil wali kota (wawali), saya kira tetap saja sama seperti bupati yang tadinya dicalonkan oleh PAN kemudian lari ke partai lain. Dan, itu tidak ada sanksi, juga tidak menjadi masalah  buat PAN,” terang Samsuddin Rahim.

Sika Karina Imran ditemui soal ini mengungkapkan, dirinya masih mempertimbagkan terkait dirinya berpindah partai. Terlebih, ia mengaku bahwa dirinya sampai saat ini masih nyaman sebagai kader PAN yang mengantarkannya menjadi wawali.

“Tawaran dari Gerindra memang ada, tapi saya belum mengiyakan karena saya masih di PAN.  Untuk berpindah partai saya rasa masih berat. Apalagi, saya lahir dan besar di PAN. Olehnya itu harus ada pertimbangan tersendiri terkait hal itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sultra sudah mengusulkan satu nama calon ketua DPD ke DPP melalui surat usulan Gerindra Sultra dengan Nomor: 2900-216/06/DPD-GERINDRA/2020/tertanggal 15 Juni yang diteken Wakil Ketua Gerindra Sultra Muhlis dan Sekretaris Gerindra Sultra Safrullah. Hasilnya, nama yang disung adalah Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran. (m1/iis)

Facebook Comments