Bertambah 5 Orang Positif: 3 Baubau, 1 Konawe, dan 1 Kolut

107

KENDARI, BKK- Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) dr La Ode Rabiul Awal mengumumkan, Selasa (7/7), ada penambahan 5 orang kasus baru konfirmasi positif, hasil pemeriksaan swab di Rumah Sakit (RS) Bahteramas Kendari.

Sehingga, kata dia, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sultra sebanyak 487 orang. Jumlah tersebut setelah ada 2 orang  data yang dikeluarkan dari data kumulatif Sultra,  masing-masing Kota Kendari dan Baubau terinput lebih dari sekali.

“Kasus sembuh bertambah 10 orang sehingga menjadi 285 orang, kasus meninggal tetap 8 orang serta yang sedang menjalani perawatan sebanyak 194 orang,” ujar Rabiul Awal.

Ia membeberkan, kasus baru terdiri dari Kota Baubau 3 orang, Kabupaten Konawe 1 orang, dan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) 1 orang.

“Untuk kasus sembuh dari Kolaka Utara 2 orang, Kendari 4 orang, Buton Tengah 2 orang, dan Buton 2 orang,” ujarnya.

Lanjut dia, kasus di Sultra masih terus ada penambahan. Hal tersebut menunjukkan penularan masih terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, dalam menjalankan aktivitas-aktivitas produktif dalam transisi menuju normal baru, untuk selalu menjaga diri dan melindungi diri dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan,” imbuhnya.

Dirincikan beberapa wilayah di Sultra yang masih terdapat kasus konfirmasi positif dimulai dari Kota Kendari 92 orang positif, 65 sembuh, 3 meninggal dunia dan 24 masih dalam perawatan.

Kolaka 19 orang positif, 4 dinyatakan sembuh dan 15 masih dalam perawatan.

Konawe 15 orang positif, 12 sembuh dan 3 masih dalam perawatan.

Muna 22 orang positif, 20 sembuh dan 2 masih dalam perawatan.

Buton 56 orang positif, 21 sembuh, 3 meninggal dunia dan 32 masih dalam perawatan.

Baubau 54 orang positif, 17 sembuh, 1 meninggal dunia dan 36 masih dalam perawatan.

Konawe Selatan (Konsel) 10 orang positif, 9 sembuh dan 1 masih dalam perawatan.

Kolaka Utara (Kolut) 71 orang positif, 12 sembuh, 1 meninggal dunia dan 68 masih dalam perawatan.

Wakatobi 12 orang positif, 10 sembuh dan 2 masih dalam perawatan.

Konawe Utara (Konut) 4 orang positif, 1 sembuh dan 3 masih dalam perawatan.

Kolaka Timur (Koltim) 14 orang positif, 13 sembuh dan 1 masih dalam perawatan.

Buton Selatan 3 orang positif, 1 sembuh dan 2 masih dalam perawatan.

Buton Tengah (Buteng) 31 orang positif, 23 sembuh dan 8 masih dalam perawatan.

Sedangkan terdapat 4 wilayah di Sultra yang bebas dari kasus konfirmasi positif Covid-19, yakni Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Muna Barat (Mubar), Bombana serta Buton Utara (Butur).

Untuk Konkep, sejak awal tidak ada kasus konfirmasi positif. Kemudian, Mubar 2 orang positif telah dinyatakan sembuh, Bombana 74 orang positif telah dinyatakan sembuh serta Butur 1 orang positif juga dinyatakan sembuh.

Data lain, jumlah orang tanpa gejala (OTG) di Sultra sebanyak 802 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 51 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 11 orang. (m2/iis)

Facebook Comments