Baku Jangkit-Jangkit di RS, 42 Warga Kolut Positif Corona

114

KENDARI, BKK- Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) dr La Ode Rabiul Awal mengumumkan, kasus konfirmasi positif terus bertambah. Senin (1/7), ada penambahan 42 orang konfirmasi positif, sehingga total kasus konfirmasi positif di Sultra sebanyak 405 orang.

“Sementara, kasus sembuh hanya bertambah 1 orang, keseluruhan berjumlah 235 orang. Kasus meninggal tetap 6 orang dan yang menjalani perawatan 164 orang,” beber Rabiul Awal.

Dia menyebutkan, 42 orang kasus baru semuanya berasal dari Kolaka Utara (Kolut), berawal dari 1 orang yang bekerja di salah satu perusahaan bergerak di bidang pertambangan.

Pasien tersebut, dirawat dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) diperiksa hasilnya konfirmasi positif. Kemudian dilacak pada 2 orang lainnya, salah satu dari mereka di rawat di Rumah Sakit (RS) Bahteramas, kondisinya sudah membaik.

“Jadi 42 orang positif disana (Kolut), hasil telusur atau kontak erat dari 3 kasus itu. Ini menunjukan adanya penyebaran, transmisi di rumah sakit karena sebagian di antara 42 kasus baru merupakan tenaga kesehatan di RS Kolaka Utara,” ujar Rabiul Awal.

Sementara itu, lanjut dia, kasus sembuh adalah 1 orang Kabupaten Buton Utara (Butur).

Secara rinci, 16 wilayah di Sultra terpapar virus corona, dimulai dari jumlah positif di Kabupaten Kolaka Utara 58 orang positif, 10  kasus sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan 47 orang masih dalam perawatan.

Buton Utara 1 orang positif telah dinyatakan sembuh.

Kota Kota Kendari tercatat 72 orang konfirmasi positif, 60 orang sembuh, 3 orang meninggal, dan 8 orang masih dalam perawatan.

Kolaka 13 orang positif, 4 orang sembuh, dan 9 orang masih dalam perawatan.

Muna 22 orang positif, 19 orang sembuh , dan 3 orang masih dalam perawatan.

Konawe 12 orang positif, 10 orang telah dinyatakan sembuh, dan 2 orang masih dalam perawatan.

Buton 53 orang positif, 51 orang masih dalam perawatan, dan 2 orang meninggal dunia.

Baubau 29 orang positif, 9 orang dinyatakan sembuh, dan 20 orang masih dalam perawatan.

Konawe Selatan (Konsel) kasus sembuh 9 orang dari 10 orang positif, sisa 1 orang yang masih dalam perawatan.

Kabupaten Wakatobi 11 orang positif, 10 orang sembuh dan 1 orang masih dalam perawatan.

Kemudian, Kabupaten Bombana dari 74 orang positif, 69 orang dinyatakan sembuh, dan 5 orang masih dalam perawatan.

Kabupaten Konawe Utara (Konut) 2 orang positif masih dalam perawatan. Kabupaten Muna Barat 2 orang positif telah dinyatakan sembuh.

Koltim 14 orang positif, 11 orang sembuh, dan 3 orang masih dalam perawatan.

Buton Tengah 31 orang positif, 21 orang sembuh dan 10 orang masih dalam perawatan. Serta Buton Selatan 1 orang positif.

Data lain, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 545 orang, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 52 orang, serta jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 15 orang. (m2/iis)

Facebook Comments