5 Kelurahan di Muna Keciprat Dana Kotaku

40

RAHA, BKK – Sebanyak 5 kelurahan yang ada di Kabupaten Muna mendapatkan dana dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2020 dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Lima kelurahan itu adalah Kelurahan Raha I, Raha II, Fookuni, Wamponiki dan Kelurahan Watonea dengan masing-masing mendapatkan Rp 1 miliar.

Kepala Balai Sarana dan Pemukiman Sultra, Mustaba mengatakan program ini ditargetkan tuntas di seluruh Indonesia tahun 2024 dengan masing-masing kelurahan mendapatkan anggaran Rp 1 miliar.

“Kegiatan ini masyarakat yang usulkan, masyarakat yang kerjakan dan masyarakat yang nikmati. Tentu program ini turun karena ada koordinasi yang baik antara Pemkab Muna dan pemerintah pusat,” katanya, Senin (27/7).

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir Ridwan Bae menegaskan agar Pemkab Muna terus mengusulkan kelurahan yang masih dianggap kumuh untuk mendapatkan bantuan program Kotaku.

“Bantuan ini tidak bisa dikucurkan jika tidak ada permintaan dari pemerintah setempat, ” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba mengucapkan terimakasih dengan adanya program Kotaku. Sebab, postur APBD Muna tahun 2020 senilai Rp 1,2 triliun. Namun, sekitar Rp 700 miliar untuk belanja pengawai.

“Alhamdulilah, dengan program Kotaku ini, kita sangat terbantu, karena jika hanya mengandalkan APBD tentu agak sulit kita wujudkan, ” ujarnya. (tri/r4)

Facebook Comments