Rektor UHO Terbitkan 4 Aturan Pengurangan UKT

464

KENDARI, BKK- Kabar gembira, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Muhammad Zamrun F telah mengeluarkan 4 kebijakan melalui  peraturan Nomor 1 Tahun 2020, pada Selasa (23/6). Tentang tata cara pemberian keringanan atau penetapan ulang pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT).

Pemberian keringanan diperuntukan bagi mahasiswa program pendidikan vokasi dan program sarjana di lingkungan UHO.

Zamrun mengatakan, ada empat keringanan  UKT yang diambil UHO, baik berupa pembebasan sementara UKT, pengurangan UKT, perubahan kelompok UKT, dan pembayaran UKT secara mengangsur. Dilakukan sebelum berakhirnya pembayaran UKT.

“Semua mahasiswa wajib melaporkan perubahan data pokok perekonomian terbarunya, sebagai acuan UHO pemberian kebijakan keringanan UKT,” jelasnya, Kamis (25/6).

Mahasiswa yang tidak bisa memperlihatkan perubahan tersebut, tegas dia, maka pembayaran UKT-nya masih tetap di besaran awal.

“Apabila ditemukan dokumen yang dipalsukan, mahasiswa tersebut tidak dapat lagi mengajukan permohonan keringanan UKT. Sehingga besaran UKT tetap di besaran awal,” ujarnya.

Mahasiswa yang ingin mengajukan permohonan keringanan UKT, sebut dia, mengajukan secara daring melalui laman http://usulukt.uho.ac.id kepada rektor yang ditandatangani pemohon di atas materai, yang disetujui orangtua atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

“Permohonan keringanan paling lama 14 hari sebelum jadwal pembayaran UKT berakhir, kalau melewati batas waktu yang ditentukan maka tidak dapat diterima,” ucapnya.

Ia menuturkan, batas waktu pengangsuran UKT dilakukan paling banyak 3 kali sebelum pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) pada semester berjalan.

Masih kata dia, mahasiswa yang sudah diberikan keringanan untuk mengangsur sebanyak 3 kali. Tapi dalam perjalanannya tidak mampu membayar, maka mahasiswa dinyatakan tidak atif pada semester berjalan dan tidak dapat mengikuti UAS.

Serta beber dia, tidak dapat mengajukan permohonan keringanan UKT semester selanjutnya.

“Pembayaran pengangsuran pembayaran UKT dilakukan melalui rekening penerimaan UHO yang ditunjuk. Permohonan ini tidak berlaku bagi mahasiswa baru,” pungkasnya. (r1/iis)

Facebook Comments