Rektor UHO Pertimbangkan Tuntutan Pembebasan UKT Mahasiswa

792
Muh Zamrun F. (SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Kabar gembira, Universitas Halu Oleo (UHO) menyatakan mempertimbangkan tuntutan mahasiswa, agar rektor meringankan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang orangtuanya terdampak pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Bukan cuma mahasiswa, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara juga menggaungkan tuntutan ini.

Rektor UHO, Prof Muh Zamrun F yang ditemui wartawan pada Selasa (2/6) mengatakan, dirinya sedang mempertimbangkan tuntutan itu.

Apakah keringanan itu dalam bentuk pembebasan, pengurangan, bahkan penundaan UKT, atau opsi lainnya.

Dia mengakui, kebijakan itu bakal diambil tidak lain melihat dampak Covid-19 yang begitu luas, yang turut memengaruhi penghasilan orangtua mahasiswa.

Ia menegaskan, sejauh ini regulasi terkait nominal pembayaran UKT mahasiswa UHO terdampak Covid-19 masih berjalan normal seperti biasa.

Tapi, kata Zamrun,  keringanan UKT mahasiswa terdampak Covid-19 bukan tidak mungkin dilakukan. Untuk itu, sambung dia, pihaknya saat ini sementara mempelajari dan mempertimbangkan kebijakan itu.

“Kita akui, kebijakan keringanan itu sudah dibicarakan di forum rektor seluruh Indonesia. Dan rektor sepakat akan mengambil langkah-langkah bagaimana yang terbaik,” ujarnya, Selasa (2/6).

Untuk itu, beber Zamrun, dirinya berusaha sebaik mungkin, sekuat mungkin, dan semampunya agar bisa membantu mahasiswa terdampak virus mematikan ini.

“Akan dipertimbangkan, mudah-mudahan kita bisa membantu dan meringankan beban  mahasiswa ini,” janjinya. (r1/iis)

Facebook Comments