KKN Tematik UHO di Kota Baubau Bagi Masker dan Hand Sanitizer

175
Pose bersama dosen pembimbing dan mahasiswa KKN Tematik UHO Kelompok 107. (FOTO: IST)

KENDARI, BKK – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Univeritas Halu Oleo (UHO) kelompok 107 di Kota Baubau bagi masker dan hand sanitizer dibeberapa titik, yakni di jalan umum, Pantai Kamali, Kota Mara, Jembatan Batu, Pelabuhan Fery, dan stadion, Senin (29/6).

Ketua Kelompok Sawal Hasim mengatakan, pembagian masker dan hand sanitizer tersebut merupakan program kerja kelompok KKN Tematik UHO kelompok 107 yang dipusatkan di Kota Baubau.

“Ini kami lakukan dengan harapan agar warga Kota Kendari lebih memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi ini, yakni dengan menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer dalam beraktivitas,” ujarnya.

Dia bilang, masker dan hand sanitizer yang dibagikan dibeberapa titik tersebut, difokuskan kepada pedagang kaki lima, pedagang keliling, tukang becak, driver taksi, toko kecil, pemulung, petugas kebersihan, pengguna jalan, dan masyarakat ekonomi kecil.

Sementara, Dosen Pembimbing Sabaruddin mengatakan, pembagian masker dan hand sanitizer merupakan salah satu rangkaian kegiatan KKN Tematik di Kota Baubau dengan tema “Penguatan Peran Masyarakat dalam Mitigasi dan Adaptasi menghadapi Wabah Coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Kota Baubau”.

“Pembagian masker dan hand sanitizer ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi sekaligus aplikasi secara langsung, kepada masyarakat tentang pentingnya tindakan pencegahan penyebaran Covid-19,” paparnya.

Yakni, sebut dia, melalui gerakan menggunakan masker, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penggunaan imunomodulator, antiseptik (hand sanitizer) dan desinfektan.

“Kami harap, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan, yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam upaya menurunkan kasus Covid-19 di kota baubau,” imbuhnya.

Sementara Dosen Pembimbng Rifa’atul Mahmudah mengucapkan, terima kasih kepada Rektor UHO, Dekan Fakultas Farmasi, Ketua LPPM, dan Kepala Pusat Pengelolaan Mata Kuliah Umum, yang telah menyelenggarakan kegiatan KKN Tematik ini sebagai wujud pengabdian UHO kepada masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra). (nir)

Facebook Comments