Dikbud Sultra Bakal Terapkan New Normal pada Pertengahan Juli

98

KENDARI, BKK- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memberlakukan new normal, bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada pertengahan Juli 2020 nanti.

Skema yang diterapkan pada penerapan new normal di sekolah bergantung dari karakteristik masing-masing satuan pendidikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan, penerapan new normal di satuan   pendidikan di Sultra akan dijalankan secara efektif pada pertengahan Juli 2020, atau memasuki Tahun Ajaran (TA) baru 2020/2021.

Banyak pilihan skema belajar, kata Asrun, apakah belajarnya tetap dalam jaringan (daring)  atau tatap muka. Tergantung daerah-daerah yang sudah benar-benar aman dengan memperhatikan jarak siswa, jam belajar yang tidak penuh, sampai menggunakan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita sudah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk menyiapkan tatanan hidup baru khususnya di dunia pendidikan. Nanti kita menyiapkan bagaimana siswa dan guru  menghadapi satu tatanan kehidupan normal yang baru akibat pandemi covid-19,” ujarnya, Selasa (2/6).

Pada prinsipnya, papar dia, protokol kesehatan di satuan pendidikan tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah ada, yakni menjaga jarak (physical distancing), memakai masker, dan rajin mencuci tangan.

“Nanti kita juga bakal mendistribusikan masker kepada seluruh siswa dan guru agar digunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) di satuan pendidikan, demi mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (r1/nir)

Facebook Comments