Bagi Maba, Hanya Ada Dua Sesi UTBK 2020 di USN Kolaka

350
Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu.

KOLAKA, BKK – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengalami perubahan. Jika sebelumnya ada empat sesi di setiap jadwal ujian per hari kini dikurangi menjadi hanya 2 sesi.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerbitkan siaran pers mengenai sejumlah perubahan UTBK berkait dengan kondisi normal baru. Pelaksanaan UTBK juga harus memperhatikan status perkembangan pandemi Covid-19 di seluruh Pusat UTBK PTN dan mendapatkan izin dari Satgas Covid di masing-masing daerah.

Sesuai dengan arahan Dirjen Dikti Kemdikbud dan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi Covid-19 dan mengutamakan keselamatan peserta dan penyelenggara di semua universitas, termasuk USN sendiri.

Jadwal ujian tahap pertama 5 hingga 14 Juli untuk sesi ganjil yakni sesi (1 dan 3) sedangkan ujian tahap kedua 20-29Juli, yakni sesi genap (2 dan 4), jadwalnya sesi 1 dan 3, sesuai jadwal biasa sesi pertama mulai pukul 09.00-11.15 Wita Sesi ketiga menjadi sesi kedua pukul 14.00-16.15 Wita, sedangkan sesi genap 2 dan 4, sesi kedua diubah menjadi sesi pertama pukul 09.00 Wita. Kemudian sesi empat, diubah menjadi sesi dua pukul 14.00 Wita.

“Dengan adanya perubahan ini, kami meminta maaf kepada seluruh peserta, ini bukan hanya terjadi di USN Kolaka tetapi terjadi secara nasional,” ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Ruslin Hadanu kepada Awak media saat Press Realese di Rektorat USN, Senin (29/6).

Untuk peserta di luar daerah atau di luar Provinsi Sultra yang tidak bisa datang di USN Kolaka agar secepatnya melapor ke panitia supaya USN cepat mengirimkan surat ke panitia UTBK untuk force majeure yaitu pelaksanaannya 30 Juli-2 Agustus.

“Namun bila tidak memungkinkan, maka kami akan melaporkan ke panitia pusat agar pusat bisa komunikasi dengan sekolah-sekolah yang ada fasilitas komputer di daerahnya,” tambahnya.

Selama pelaksanaan UTBK tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Seperti cuci tangan dan pakai masker, diukur suhu tubuh panitia sebelum dan sesudah komputer digunakan untuk selalu disterilkan.

Ia menambahkan, bila ada calon mahasiswa yang memilih UTBK di Makassar atau daerah lainnya di Indonesia yang terkendala Covid-19 bisa mengikuti UTBK di USN Kolaka.

“Sudah banyak peserta yang melapor, tidak bisa masuk Makassar. Jadi ujiannya di USN Kolaka,” kata Ruslin. (m5)

Facebook Comments