Pekan Depan, 4.059 Guru Honorer Terima Bantuan Rp1 Juta

925
Asrun Lio. (SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyalurkan bantuan uang tunai Rp1 Juta per orang kepada 4.059 guru honorer di Sultra.

Baik guru honorer di sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB), yang  terdampak coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Pelaksana Tugas (Plt) Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan, rencananya bantuan untuk 4.059 guru honorer tersebut bakal diterima melalui rekening masing-masing, paling lambat pekan depan.

Kriteria mendapat bantuan Rp1 juta ini, sebut dia, guru  berstatus honorer baik yang telah memiliki Surat Keputusan (SK) Gubernur Sultra maupun tidak.

“Saat ini masih tahap proses pencairan, kita upayakan paling lambat minggu depan sudah bisa diterima  oleh seluruh guru honorer yang ada di Sultra,” ujarnya, Selasa (26/5).

Ia menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap guru berstatus honorer  yang ada di Sultra.

“Sebab kesejahteraan guru ini sangat penting apabila di tengah situasi saat ini,” ujarnya.

Di tengah pandemi, sambung Asrun, guru berstatus honorer ini diharapkan mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dalam mencerdaskan anak bangsa, meskipun tidak melalui tatap muka melainkan secara dalam jaringan (daring).

“Pendidikan kita dihadapkan situasi yang berbeda, siswa mau tidak mau melakukan belajar mengajar secara online. Sehingga, peran guru sangat penting agar siswa tetap bisa menuntut ilmu,” ucapnya. (r1/iis)

Facebook Comments