Iklan Atas Header

USN Kolaka Bagikan 500 Paket Sembako dan 1.000 Masker kepada Warga

294

-IKLAN-

Rektor USN Azhari saat menyerahkan paket sembako kepada warga.

KOLAKA, BKK – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka membagikan 500 paket sembako kepada warga di sekitar kampus tersebut. Selain itu, Perguruan Tinggi Negeri di Kolaka ini juga membagikan 2.500 botol hand sanitizer dan 1.000 masker kain.

Rektor USN, Azhari mengatakan kegiatan pembagian sembako, masker, dan hand sanitizer ini selain untuk memperingati Dies Natalis ke-6 USN, juga meminimalisasi dampak virus Corona atau Covid-19 terhadap masyarakat tidak mampu di Bumi Mekongga.

Azhari mengatakan, paket tersebut diberikan khusus kepada orang lanjut usia (lansia), janda, tukang ojek, dan tukang becak di Kelurahan Balandete, Tahoa, Lalombaa, Sabilambo, Kecamatan Kolaka, serta Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada. Mereka sebelumnya didata Bhabinkamtibmas bekerja sama pemerintah masing-masing kelurahan.

“Datanya mereka kumpul, laporkan ke Kapolres. Kami bekerja sama dengan Kapolres untuk pembagiannya,” ujarnya di Kolaka, Senin (6/4).

Sebagian dari sembako, hand sanitizer, dan masker ini juga dititipkan ke Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Ikatan Keluarga Tolaki Kendari, dan Komunitas Muslimah Berbagi Kolaka untuk disalurkan ke warga-warga lainnya di Kolaka.

“Mereka menerima titipan paket sembako, masker, dan hand sanitizer dari kami untuk dibagikan ke anak yatim piatu,” tambahnya.

Azhari menjelaskan, 500 paket sembako, tersebut terdiri dari beras, mi instan, gula, dan terigu. Anggaran pembelian paket-paket sembako tersebut berasal dari sumbangan tunjangan jabatan sivitas akademika Kampus Merah Marun tersebut.

Menurut Azhari, ke depan masih ada pembagian sembako lanjutan. Pihaknya sementara mengajukan izin pengalihan anggaran perjalanan dinas sivitas akademika USN yang akan digunakan untuk pembagian paket sembako kepada masyarakat khususnya di sekitar kampus.

Hal ini, kata dia, sekaligus merealisasikan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam meminimalisiasi dampak Covid-19, khususnya di Kabupaten Kolaka. Dengan begitu, pihaknya bisa membantu pemerintah daerah dalam penanganan dampak Covid-19.

Pihaknya melibatkan kepolisian untuk mendata dan mendistribusikan paket sembako tersebut, mengingat situasi Covid-19 yang tidak memperbolehkan perkumpulan massa lebih dari 10 orang. Untuk itu, USN mengapresiasi keterlibatan kepolisian dalam kegiatan pembagian sembako ini.

Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa mengatakan, pendistribusian diberikan langsung ke rumah-rumah masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tetap mengikuti instruksi pemerintah untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

“Bhabinkamtibmas yang bagikan ke rumah-rumah warga yang sudah didata supaya tidak ada kerumunan,” tegasnya. (m5)

Facebook Comments