Pemkab Butur Perkuat Struktur Keanggotaan Satgas Covid-19

83

BURANGA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) memperkuat struktur keanggotaan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Butur.

Hal ini dilakukan dengan cara menambah jumlah personil tim gugus tugas penanganan covid-19 di wilayah Butur dengan melibatkan semua elemen baik itu dari tenaga medis hingga TNI dan pihak kepolisian.

“Secara struktural personalianya semakin jelas posisinya di birokrasi. Semoga ini dapat berdampak positif dari tingkat eksekutif sampai tingkat desa dan kelurahan, karena semua stakeholder terlibat,” kata Abu Hasan.

Abu Hasan mengaku, pihaknya telah membuat komposisi yang cukup ideal, ada alokasi dana untuk Covid-19. Kemudian, ada promosi terhadap yang terkena dampak pandemi virus corona, seperti yang terkena PHK, pedagang kecil, industri baru tumbuh dan lainnya.

“Kita sedang melakukan pendataan dan akan dibantu oleh pemerintah daerah. Kita juga akan fasilitasi termasuk jaring pengaman sosial seperti para petani, nelayan, yang juga terkena dampak, kita akan bantu,” tegas Abu Hasan.

Saat disinggung mengenai anggaran desa untuk menangani Covid-19, Abu Hasan menjelaskan informasi terakhir para kepala desa sudah menganggarkan Rp 100 juta untuk jumlah penduduk desa yang kecil hingga Rp 200 juta untuk skala penduduk yang besar. Dana itu untuk penanggulangan, terkena dampak Covid-19 dan jaring pengaman sosial.

Menurut dia, dana yang disiapkan di desa itu sudah ideal, karena di kecamatan juga ada anggaran untuk Covid-19. Sedangkan, untuk pengawasan melibatkan Inspektorat dan pihak kepolisian. “Karena kita harus mengikuti mekanisme pengelolaan anggaran secara normatif. Jangan karena Covid ada oknum yang mengambil kesempatan dalam memanfaatkan penggunaan anggaran sesuka hati,” pungkasnya. (dar/r4)

Facebook Comments