Pemkab Butur Bagikan Sembako kepada Warga Karantina Mandiri

47
Dinsos bagikan beras kepada warga yang karantina mandiri

BURANGA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang menjalani karantina di rumah atau baru pulang dari daerah zona merah penyebaran covid-19 (virus corona), Rabu (15/4).

Ada delapan desa dan kelurahan yang sudah disambangi yakni Desa Lelamo, Labelete, Waode Buri, Ulunambo dan Eerinere Kecamatan Kulisusu Utara. Kemudian, Desa Linsowu, Rombo dan Kelurahan Bone Lipu.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Butur, Alman mengatakan pola pembagian bantuan ini ada dua jenis, yakni jika yang menjalani karantina bukan kepala keluarga, maka bantuan pangan diberikan hanya yang bersangkutan saja dengan paket beras 5,6 kilogram (kg) per orang.

Tetapi, sambung dia, kalau yang dikarantina adalah kepala keluarga, maka bantuannya menyasar seluruh anggota keluarga. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako termasuk beras. “Karena ketika kepala keluarga dikarantina, berarti logikanya dia tidak mencari lagi untuk nafkahnya dalam 14 hari, maka kita hadir untuk itu,” kata Alman.

Penyaluran bantuan pangan ini, sambung Alman, dilakukan secara bertahap. Setiap warga yang baru tiba dan menjalani karantina akan dibantu. “Rencana besok di dalam kota (Kecamatan Kulisusu),” tuturnya.

Agar tepat sasaran, pihaknya juga terus memperbarui data pemudik dari zona merah atau calon penerima bantuan bersama Satgas, desa dan kelurahan. Pembagian bantuan pangan kali ini, tersalur beras 59 paket dengan perhitungan satu paket 5,6 Kg. Totalnya 330,4 Kg. Kemudian paket sembako sebanyak 14 paket. (dar/r4)

Facebook Comments