DPRD Minta Pemkab Konsel Perketat Penjagaan Wilayah Perbatasan

76
Irham Kalenggo

ANDOOLO, BKK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meminta keapda Pemerintah Kabuapten (Pemkab) setempat untuk memperketat penjagaan di wilayah perbatasan.

Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di wilayah Konsel.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengatakan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Konsel, maka setiap orang yang keluar masuk di Konsel harus diperiksa, seperti yang dilakukan di Kota Kendari dan Kabupaten Bombana.

“Pemeriksaan itu, bukan hanya sekedar jam kantor, tatapi kita inginkan harus 24 jam, tentu Pemkab Konsel harus menyiapkan anggaran, untuk insentif (honor) kepada petugas kita yang ada di lapangan, supaya mereka juga semangat bekerja untuk menjalankan tugasnya,” katanya, Sabtu (18/4).

Selain itu, sambung dia, dalam melakukan penjagaan, disiapkan fasilitas baik itu alat pelindung diri (APD), misalnya masker maupun alat ukur suhu tubuh, supaya bisa mengetahui semua orang masuk di Konsel dalam keadaan benar-benar steril dari virus corona.

Dirinya menilai, dalam melakukan penanganan covid-19, Gugus Tugas Konsel masih sangat lemah. Akan tetapi, dirinya tetap mengapresiasi apa yang telah dilakukan selama ini. Seperti melakukan penyemprotan disinfektan, di tingkat kecamatan, kelurahan sampai ditingkat desa. Tetapi itu belum cukup, karena masih ada hal yang paling penting menurutnya yakni  bagaimana memfilter orang yang keluar masuk di Konsel.

“Karena virus ini, kalau kita lihat sejarahnya tidak terbang tetapi dia melalui sentuhan antara satu dan yang lain. Sehingga kita harapkan siapapun yang masuk di Konsel harus di periksa,” tegasnya.

Masalah ini, kata dia, jangan dipandang remeh oleh Pemkab Konsel, karena belum ada warga Konsel yang terjangkit virus yang mematikan itu. Tetapi, lebih baiknya harus dicegah sedini mungkin, sebelum ada korban.

“Perlu kita ketahui, Konsel adalah salah satu daerah yang rawan masuknya virus tersebut, karena Konsel memiliki beberapa perusahan tambang, Bandar Udara dan Pelabuhan, artinya, kapan saja orang luar keluar masuk di Konsel. Maka dari itu diperlukan ketagasan yang nyata dari Pemkab Konsel untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini,” pungkasnya. (r2/r4)

Facebook Comments