Dikbud Konsel Dukung Pemerintah Pusat Tiadakan UN

Erawan S Yuda.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat bakal meniadakan ujian nasional (UN).

Hal itu berdasarkan surat edaran (SE) Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) agar meniadakan pelaksanaan UN 2020 di semua jenjang sekolah di Indonesia.

Kepala Dikbud Konsel, Erawan S Yuda mengatakan pada dasarnya Dikbud Konsel siap melaksanakan setiap kebijakan dari Pemerintah Pusat. Dalam hal ini, kebijakan meniadakan UN disemua jenjang sekolah di Indonesia termasuk di wilayah Konsel.

“Kita di daerah sangat mendukung dan merespon baik kebijakan yang dibuat pemerintah pusat terkait peniadaan UN. Sebab, melihat semakin masifnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Kesehatan dan keselamatan siswa lebih diutamakan,” ujar Erawan, saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Kamis (26/3).

Sedangkan untuk kelulusan siswa dalam satuan pendidikan tersebut, lanjut dia, dapat ditentukan melalui ujian sekolah (US) yang dilakukan dalam bentuk tes dengan tidak mengumpulkan siswa.

“Maksudnya, ujian sekolah ini dilakukan dalam bentuk portofolio nilai raport dan prestasi yang diperoleh siswa sebelumnya,” jelasnya.

Untuk itu, Erawan mengimbau kepada seluruh kepala sekolah di wilayah Konsel dapat menerapkan atau mematuhi SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). (r2/r4)