Iklan Atas Header

Lolos SKD Belum Tentu Melenggang ke SKB: Jangan Senang Dulu!

306

-IKLAN-

Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mewanti-wanti peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD), jangan potong ayam dulu apalagi bikin haroa.

Kepala BKD Sultra La Ode Mustari mengungkapkan, hampir 50% peserta SKD tahun ini dinyatakan lulus.

“Kepada peserta (yang lolos) jangan berbangga dulu, sebab masih ada perangkingan,” imbaunya.

Mustari memaparkan, misalnya jabatan apoteker yang lulus SKD berjumlah 30 orang, sementara yang akan diambil 5 orang, maka akan dirangking sampai 15 orang atau tiga kali lipatnya.

“Jadi, biar sudah lulus passing grade (PG), masih akan melalui perangkingan agar bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB),” jelasnya, Selasa (4/2), saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk itu, kata dia, BKD provinsi nantinya akan mengumumkan secara resmi yang lulus SKD.

“Jadi, sampai rangking ke-15 ikut SKB. Yang sebelum dia (nomor urut 15) maka sudah tidak lulusmi dia itu. Setelah itu, ikut SKB lagi, yang misalnya dibutuhkan 5 orang lagi, maka bersaing lagi 15 ini untuk mencapai 5,” terangnya.

Untuk itu, sambung dia, nilai PG yang dicapai peserta pada tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP) belum tentu lulus.

“Baru tahap awal ini, namanya juga baru tes SKD. Jadi, nanti akan di kali 3. Contohnya lagi, 50 orang lulus sementera yang diambil 3 orang, maka akan diambil sampai 9 orang, sementara 41 orangnya gugur. Maka yang sembilan akan bersaing lagi untuk mendapatkan 3 orang,” ungkapnya.

Kepala Subbidang (Kasubid) Formasi BKD Sultra Hadrawati Yusuf menambahkan, pada pelaksanaan tes SKD CPNS gelombang pertama yang lulus seleksi pada sesi I 105 orang, sesi II 105, sesi III 109, sesi IV 96, dan sesi V 74.

“Tidak lulus seleksi sesi I 78 orang, sesi II 82, sesi III 82, sesi IV 96 dan sesi V 92 orang. Sementara tidak mengikuti seleksi ke semua sesi sebanyak 57 orang, kemudian yang hadir mengikuti seleksi di hari pertama 943 orang,” ujarnya. (m3/iis)

Facebook Comments