Iklan Atas Header

1.973 Orang Gugur dalam SKD CPNS Kota Kendari

190

-IKLAN-

KENDARI, BKK- Sebanyak 1.428 peserta lulus passing grade (PG) dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kota Kendari, yang dilangsungkan sejak 7-11 Februari 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kendari Susanti menjelaskan, ada  3.563 peserta yang mendaftar CPNS 2019, hanya 3.401 peserta yang mengikuti SKD. Sejumlah 162 peserta tidak mengikuti seleksi dikarenakan tidak hadir atau terlambat.

Dari mereka yang mengikuti SKD, sebanyak 1.973 peserta dinyatakan gugur karena tidak memenuhi PG.

Hasil ini, kata dia, langsung dikirim ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), agar dilakukan penginputan PG, menuju tahapan berikutnya, yakni seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Kemungkinan hasilnya dikeluarkan Maret nanti,” ungkapnya, Rabu (12/2).

Menurut dia, yang lulus SKD akan dilakukan perangkingan kembali sesuai formasi atau jurusan yang dibutuhkan.

“Contohnya kuotanya (yang akan diterima) 1, maka dikali 3, hasilnya 3. Jadi kelipatan tiga semua,” paparnya.

Ditambahkan, saat ini pihaknya juga masih melakukan penginputan data peserta yang lulus perangkingan, untuk menyamakan data perangkingan yang dimiliki Panselnas nanti.

Ia berharap, semoga yang lulus PG atau perangkingan ini dapat mengisi masing-masing formasi yang dibutuhkan, mengingat secara umum angka peserta yang lulus PG tahun ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah tahun ini cukup banyak yang lulus PG dalam 1 sesi, dari 5 sesi yang ada. Kalau tahun lalu boleh dibilang 1 sesi tidak ada yang lulus PG. Mungkin karena PG-nya diturunkan,” ucapnya.

Masih kata dia, transparansi sistem computer assisted test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sangat baik, karena mendukung kemurnian CPNS yang lulus.

“Bukan karena ada bantuan orang ketiga dan lainnya, Itulah yang diharapkan selama ini sebenarnya.”

“Dengan sistem seperti ini kedisiplinan dan integritas sudah teruji. Ada kejadian waktu tes banyak yang terlambat, itu menandakan tidak disiplin untuk menjadi seorang pegawai sehingga kita tidak mempersilahkan mengikuti seleksi,” imbuhnya.

Diketahui, nilai PG pada SKD CPNS 2018 yaitu 143 untuk tes karakteristik pribadi (TKP), 80 untuk tes intelegensia umum (TIU), dan 75 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK). Sedangkan, untuk 2019 PG untuk TKP 126, TIU 80, dan TWK 65. (r1/iis)

Facebook Comments