Fraksi PDIP Minta Pemkot Tinjau Kembali IPAL RSUD Kota Kendari

176

KENDARI, BKK – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuagan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, kembali menyinggung Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Hal itu disampikan Apriliani Puspitawati dalam rapat paripurna dengan agenda pandangan akhir fraksi-fraksi terkait Raperda APBD 2020, di Gedung DPRD Kota Kendari, Senin (4/11).

Apriliani Puspitawati meminta kepada pemkot untuk kembali meninjau IPAL yang ada di RSUD Kota Kendari, karena diduga sudah tidak berfungsi lagi, meskipun dalam berita yang beredar bahwa pihak RS sudah memperbaiki, tapi itu harus dilakukan peninjauan ulang.

“Oleh karenanya, kami menyarankan kepada Pemkot Kendari untuk kembali meninjau IPAL RSUD Kendari. Karena air limbah rumah sakit menjadi salah satu pencemaran lingkungan, yang sangat potensial mengandung senyawa organik yang cukup tinggi,” beber Puspitawaty.

Menurutnya, air limbah RS dapat menghadirkan senyawa kimia lainnya yang dapat menyebabkan penyakit, baik di lingkungan rumah sakit dan lingkungan warga sekitar  yang masih sehat.

“Sekali lagi kami Fraksi PDIP meminta hal ini bisa segera ditinjau apa lagi ini menjadi kepentingan masyarakat, ditambah dalam program pemerintah adalah untuk meningkatkan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur sesuai yang diamanatkan undang-undang,” anjurnya.

Ditanya soal ini, Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengatakan, IPAL ini memang menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, karena menjadi salah satu syarat akreditasi.

“Tahun ini kita sudah masuk agenda reakreditasi, saya kira ini sudah dibicarakan dan dirumuskan,” tandasnya.

Dia harap, persoalan persoalan IPAL RSUD Kendari bisa segera diatasi. (p1-r2)

Facebook Comments