Pendaftaran CPNS Ditunda

262
Kadir. (FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan, Minggu (20/10), pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang semula ditetapkan bakal dibuka pada 25 Oktober rupanya belum final.

Kepala Bidang (Kabid) Pergandaan dan Mutasi Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra Kadir mengatakan, nasib pendaftaran menunggu terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB).

“Sesuai informasi yang diperoleh dari Kemenpan, (untuk) rencana dibuka pendaftaran, kami masih menunggu Permenpan. Yang mana, sesuai informasi yang kami terima, masih dilakukan konsultasi kepada Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Jadi, kemarin itu belum final,” ungkapnya, saat dihubungi wartawan Berita Kota Kendari (BKK) via telepon seluler (ponsel), kemarin.

Dikatakan pula, dalam kuota yang pihaknya terima dari Kemenpan-RB, pemprov mendapatkan kuota terbanyak di bidang tenaga teknis dan kesehatan.

“Jadi, itu yang kami dapatkan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Kadir menyebutkan, ketika dibuka pendaftaran maka Permenpan harus sudah ada. Secara umum, pemprov mendapatkan kuota sebanyak 62 orang.

“Jadi kuncinya, pengumuman pendaftaran CPNS tunggu petunjuk pelaksanaan penerimaan CPNS 2019,” bebernya.

Kemudian, kata Kadir, dalam Permenpan-RB nantinya akan kelihatan apa syarat-syarat dan mekanisme yang tertera.

“Karena, setelah permenpan keluar, maka syarat-syarat akan ikut keluar agar lebih detail,” jelasnya.

ia melanjutkan, dalam seleksi nantinya akan dilaksanakan sama dengan tahun sebelumnya, yakni dengan menggunakan computer assisted test (CAT).

“Tetap CAT, hanya CAT-nya itu menggunakan CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN),” paparnya.

Namun, ia menambahkan, pihaknya akan meminta kepada pemerintah daerah (pemda) apakah menggunakan CAT atau mandiri selaku perwakilan di provinsi.

Terakhir,  masih kata dia, pada 2020 nanti tepatnya Juli, akan dibuka lagi seleksi CPNS. (p3/iis)

Facebook Comments