DP3APPKB Sosialisasikan Bahaya Rokok dan Kesehatan Reproduksi kepada Ratusan Siswa SMA

208
Kabid Bina Pengembangan Program dan Sumber Daya, Dinkes Sultra, Safiudin Alibas Saat Sosialisasi Bahaya Rokok dan Kesehatan Reproduksi Bagi Anak, Selasa (15/10). (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3APPKB) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyosialisasikan bahaya rokok dan kesehatan reproduksi kepada ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Kendari, Selasa (15/10).

Kepala DP3APPKB Sultra Andi Tenri Rawe Silondae mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah lebih banyak lagi remaja terjerumus pada hal kegiatan seks bebas di luar nikah dan penggunaan rokok di bawah umur.

“Kita harus menanggulagi itu sebelum semakin meluas. Sayang buat anak-anak kita yang karena ketidaktahuan pentingya kesehatan reproduksi dan bahaya merokok, membuat mereka melakukan pergaulan di luar batas,” terang Andi Tenri Rawe Silondae.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Bina Pengembangan Program dan Sumber Daya Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra Safiudin Alibas menjelaskan, sosialisasi ini diikuti ratusan remaja, karena pada usia transisi sangat mudah terpengaruh dan tidak stabil.

“Kita harapkan lewat sosialisasi ini bisa mewujudkan remaja yang kuat dan tangguh,” imbuhnya.

“Kita khawatir pada usia remaja digunakan untuk pergaulan bebas, seperti melakukan seks bebas sebelum menikah, merokok tidak terkendali untuk laki-laki, sehingga dapat berdampak pada kesehatan reproduksi mereka,” tambahnya.

Selain itu, ucap dia, sosialisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi angka kehamilan usia remaja. Sebab, alas dia, pada usia itu secara psikis dan kejiwaan belum siap, maka bisa mengakibatkan kesehatan reproduksi remaja akan tergangggu.

“Kepada orangtua saya mengimbau untuk mendidik dan membina anaknya dengan baik dan memberikan pola asuh yang baik. Karena, ternyata 61-70% masa depan remaja kita ditentukan dari keluarga,” tuntasnya. (p1/r2)

Facebook Comments