Pemprov Sultra Bakal Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah PON XXI

140
Lukman Abunawas

KENDARI, BKK –  Untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga di daerahnya, Pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra bakal mengajukan diri menjadi tuan rumah pekan olahraga nasional (PON) XXI yang akan digelar 2024 nanti.

”Insya allah diselenggarakan PON XX di Pupua 2020, kita langsung mengajukan Sultra menjadi tuan rumah PON berikutnya,” ujar Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, usai menghadiri upacara hari amal bakti (HAB) di Kantor Kemenag Sultra, Kamis (3/1).

Namun, lanjutnya, untuk menjadi tuan rumah itu, segala sesuatunya harus dipersiapkan seperti sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Tujuannya, agar penyelenggaraan kegiatan itu dapat berjalan dengan sukses.

“Olehnya itu, tahun ini kita akan persiapkan sarana dan prasarana penunjang kegiatan tersebut. Kita akan bangun stadion olahraga berstandar internasional di Nangananga Kecamatan Baruga Kota Kendari, dengan luas lahan sekitar 40 hektare,” ungkapnya.

Selain Itu, lanjutnya, pihaknya juga akan merenovasi Stadion Lakidende agar nantinya bisa dijadikan tempat latihan atlet sepakbola.

Bukan hanya itu, pihaknya juga akan membangun saran dayung yang lebih memadai dari sebelumnya.

”Insya Allah, tahun ini kita akan realisasikan bangunan tersebut. Artinya, kita harus siapakan lebih awal fasilitas-fasilitas untuk persiapan PON, agar nantinya tidak ada alasan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat maupun Kementerian Olahraga untuk menunjuk Sultra sebagai tuan rumah PON XXI 2024 mendatang,” pungkanya. (cr2/nur)

Facebook Comments