Gubernur Ali Mazi Minta OPD Dukung Pengembangan Pariwisata di Sultra

170
Ali Mazi. (FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, memintah seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra agar mendukung pengembangan pariwisata di Sultra.

Hal ini disampaikan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra I Gede Panca, Kamis (13/2).

“Jadi, bukan hanya dinas terkait saja yang menindak lanjuti hal itu, tapi seluruh OPD kiranya bisa melakukan pertemuan membahas peran masing-masing instansi dalam mendukung pariwisata kita,” katanya saat diwawancarai wartawan koran ini, kemarin.

Ditegaskan, gubernur dan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra sudah mengintruksikan agar semua OPD melek pariwisata.

“Hal itu sangat penting untuk kita lakukan, apalagi saat ini pariwisata menjadi leading sektor,” sebutnya.

Oleh karenanya, seluruh OPD harus berperan aktif dalam pengembangan sektor pariwisata di Sultra.

Ditambahkan, setiap OPD harus memiliki program dalam mendukung pariwisata, baik itu dari segi anggaran serta locusnya di mana akan di bangun. Apakah di Toronipa, Kendari, Wakatobi, Baubau maupun pulau hari.

“Kami sendiri sudah memberikan jalur laut dari Toronipa ke Labengki, Saponda laut, Sapoda darat, pulau hari, Wakatobi, Wakatobi-Pasar Wajo, dan Pasar Wajo-Baubau,” papar Panca.

Hal itu dilakukannya, kata dia, agar wisatawan yang berkunjung di Sultra bisa meninggalkan kesan yang baik, sehingga mau berwisata lagi di Sultra.

“Finalnya nanti pada anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) dan APBD 2021. Saat ini saya mengumpulkan dulu semua OPD, untuk menampung masukannya dan menyampaikan hasilnya kepada gubernur,” tutupnya. (m3/nir)

Facebook Comments