DPRD Tetapkan Jadwal dan Tahapan Pilwawali

114
Subhan ST. (MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Meski sempat tertunda, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari akhirnya menetapkan jadwal dan tahapan pemilihan wakil wali kota (pilwawali) pada Rabu (12/3).

Ketua DPRD Kendari H Subhan mengatakan, penetapan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPRD Kendari Nomor: 1 DPRD/2020 tentang Pembentukan Panitia Pilwawali Kendari.

“Tidak ada perubahan. Hanya saja, hari ini (kemarin, red) kita resmikan secara langsung. Jadi, jadwal dan tahapan yang kita umumkan akan menjadi pegangan kita dalam pelaksanaannya nanti,” terang Subhan.

Adapun tahapan yang akan dilakukan adalah pendaftaran calon yang akan dimulai pada 17-19 Februari di Sekretariat DPRD. Kemudian, pada 20-21 Februari penerimaan berkas calon, lalu pada 24-28 Februari pemberkasan.

Selanjutnya, pada 2 Maret penetapan cawawali, 3 Maret penyampaian visi misi dan program calon, 4 Maret geladi bersih, 5 Maret pemungutan dan perhitungan suara, terakhir 6 Maret penetapan wawali terpilih.

Subhan pun menjelaskan, dengan ditetapkannya jadwal dan tahapan, dapat menjawab semua pertanyaan dan keinginan masyarakat yang menginginkan sosok wawali.

Diketahui, dalam pemilihan nanti, akan ada 35 pemegang hak pilih sebagai anggota DPRD. Mereka akan memilih 2 calon yakni Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (AJP).

Di dewan ada 9 partai yang meloloskan wakilnya pada pemilu lalu, yaitu PKS 7 kursi, Golkar 5 kursi, PDIP 5 kursi, PAN 5 kursi, NasDem 4 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 2 kursi, Perindo 2 kursi dan PKB 1 kursi. (m1/iis)

Facebook Comments