Tekan Angka Kehilangan Air, PDAM Kendari Fokus Berantas Pencurian Air, Sambungan Liar, dan Kebocoran Pipa

172
Saat Tim PKA PDAM Kendari menjalankan tugas di lapangan. (FOTO: NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Untuk menekan angka kehilangan air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kendari Kendari fokus berantas pencurian air, sambungan liar, dan kebocoran pipa.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Anoa Kendari, Selasa (14/1). Jadi, kata dia, tahun ini pihaknya fokus menekan angka kehilangan air yang kerap kali terjadi, karena pihaknya akan menjalin kerja sama dengan investor.

“Tapi, jika kehilangan air kita tinggi maka rencana tersebut (kerja sama) tidak akan mungkin terjadi. Makanya, di 2020 ini kami akan berupaya untuk menekan kehilangan air kita,” ujarnya.

Dia bilang, kerja sama yang akan dilakukan dengan pihak investor tersebut adalah berupa penambahan kapasitas. Jadi, jelas dia, dari unit intek Pohara ditambah kapasitas intek Tabanggele.

“Jadi bukan pemindahan, tapi penambahan. Apa lagi itu merupakan aset pemerintah yang harus tetap kita operasikan,” paparnya.

Sehingga, ucap Damin, di 2020 ini prosesnya sudah dilaksanakan, mulai dari pengurusan administrasinya sudah dilakukan.

“Tapi, saat ini kita lebih fokus bagaimana menekan kehilangan air kita. Karena, apalah arti masuknya pihak investor, jika kehilangan air kita masih tinggi,” bebernya.

Oleh karenanya, Damin telah membentuk tim penanggulangan kehilangan air (PKA), untuk mem-back up kehilangan air.

“Jadi, itulah program yang akan saya jalankan di 2020 ini. Saya yakin dengan program ini kita mampu menekan angka kehilangan air,” tandas Damin.

Damin mengaku, saat ini tingkat kehilangan air yang terjadi di PDAM Kendari masih di atas 50%, dari angka itu dia bertekad akan menekan kehilangan air hingga 30%.

“Kami akui untuk mewujudkan hal itu memang berat, tapi saya sudah menyampaikan kepada teman-teman di lapangan untuk bekerja keras. Karena hal itu merupakan tanggung jawab kita sebelum melakukan kerja sama dengan pihak investor,” tuntas Damin. (nir)

Facebook Comments