Tak Lagi Gelontorkan Hewan Ternak, Distanak Sultra Beri Pembenihan Sapi

216

KENDARI, BKK – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sulawesi Tenggara (Sultra) tak lagi menggelontorkan hewan ternak seperti sapi ataupun kambing ke masyarakat. Melainkan, pihaknya memberikan suntikan benih dengan bibit unggul kepada hewan ternak warga untuk melahirkan sapi unggulan.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Distanak Sultra Mughiyanto mengatakan, ini merupakan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus SIWAB) dari Kementrian Pertanian, karena melihat produksi daging secara nasional yang masih rendah.

“Sehingga yang perlu dilakukan itu bukan dengan menggelontorkan sumbangan sapi dalam artian hanya memindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Tetapi dengan memberikan bibit unggulan, agar sapi yang lahir nanti berkualitas bagus,” ujar Mughiyanto, Senin (13/1).

Ia membeberkan, sebelumnya memang pihaknya melakukan bantuan sapi, yang berasal dari Kabupaten Muna untuk disebar di Buton Utara (Butur).

“Tapi program tersebut tidak berdampak pada peningkatan produksi sapi di Sultra. Makanya, program tersebut diganti menjadi pemberian benih sapi unggul,” paparnya.

Dia bilang, pemberian 15 ribu benih dalam bentuk suntikan itu dilakukan oleh petugas Distanak yang telah disiapkan di lapangan. Jadi, jelas dia, peternak hanya menyiapkan indukannya saja.

Ia menekankan, semua sapi milik masyarakat wajib dibuntingkan petugas dengan benih unggul, tanpa ada proposal pengajuan. Bahkan benih sapi tersebut didatangkan langsung dari Singosari (Malang, Jawa Timur) dan Lembang (Jawa Barat).

“Kegiatan ini merupakan program lanjutan. Karena sebenarnya program tersebut sudah kita laksanakan sejak 2 tahun lalu. Kita sudah punya UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) BPPT (Balai Perbibitan dan Pakan Ternak) di Konda dan Wawolemo,” pungkasnya. (p5/nir)

Facebook Comments