Sektor Perikanan Sumbang PDRB Sultra 12%

170
Askabul Kijo. (FOTO: AINI/BKK)

KENDARI, BKK – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Askabul Kijo membeberkan, sektor perikanan sumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sultra sekira 12% di 2019 lalu.

Hal itu disampaikannya dalam rapat dengar pendapat (RDP) program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2020 dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Senin (13/1).

“Tahun 2018-2019 itu PDRB kita dari perikanan hampir 12%. Artinya, kalau daerah kita menghasilkan dalam setahun sebesar Rp10 triliun, berarti Rp1,2 triliun itu dari perikanan,” ujar Askabul Kijo.

Sedangkan komponen terbesar dari kegiatan kelautan, ungkap dia, yaitu pada penangkapan ikan yang masih berfokus pada perikanan tangkap.

“Ini yang banyak mem-backup kita untuk pemenuhan. Jadi sebenarnya ini bisa menjadi indikator dan kalau kita mendorong sektor ini dengan baik, akan menjadi sumber pertumbuhan bagi daerah,” tuturnya.

Maka dari itu, dia berharap PDRB tahun ini hingga 5 tahun ke depan, adanya pengawalan dari anggota legislatif khususnya Komisi II  untuk terus mendorong, meningkatkan anggaran di sektor kelautan.

“Ini harus jadi target kita bersama. Sedangkan sedikit anggaran saja tapi PDRB yang dihasilkan sudah lumayan. Lalu program-program yang kita berikan ke masyarakat tentu tidak bisa kita lepas begitu saja, harus ada komitmen dan dibutuhkan biaya tambahan untuk mengawalnya,” paparnya.

Dijelaskan, harus ada dana khususnya kepada penyuluh atau petugas dari kabupaten, untuk mendampingi kelompokkelompok nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut. (p5/nir)

Facebook Comments