Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Rektor UHO: Peran Perguruan Tinggi di Pilkada 2020 Penting

32
Muhammad Zamrun Firihu. (AINI/BKK)

KENDARI, BKK- Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, masyarakat berperan penting dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, terutama perguruan tinggi sebagai pengawas, peneliti, dan peserta pemilu.

“Merupakan tantangan kita bersama untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas,” ujarnya, saat menjadi pemateri dalam sosialisasi yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (11/1).

Ia mengatakan, baik peserta pemilih ataupun yang dipilih serta penyelenggara dan pengawas pemilu harus bersama-sama bersinergi, mewujudkan pemilihan yang demokratis.

“Peran perguruan tinggi pada tiap pesta demokrasi yakni pemantauan, pendidikan politik, dan riset politik. Artinya kita memantau, apakah pemilihan sudah dilakukan sesuai aturan. Kita juga memberikan pendidikan politik ke masyarakat untuk mengedukasi mereka, dan kita juga melakukan riset politik yang bisa dijadikan bahan acuan untuk perbaikan-perbaikan pelaksanaan pemilihan,” paparnya.

Di UHO sendiri, lanjut Zamrun, sudah berjalan pesta demokrasi meskipun dalam skala kecil yakni lingkup universitas. Para dosen ikut dalam pemilihan dekan dan rektor, sedang mahasiswanya terlibat dalam pemilihan ketua himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), badan eksekutif mahasiswa (BEM) fakultas dan universitas.

“Artinya sudah ada pemahaman oleh kita akan pentingnya demokrasi yang jujur dan adil. Sebagai manusia intelektual, paling tidak kita bisa memastikan cara-cara yang dilakukan itu berkualitas. Dan kita selalu tekankan, dengan jumlah mahasiswa UHO kurang lebih 40 ribu orang itu jangan dimanfaatkan dan disalahgunakan oleh kepentingan partai politik (parpol) tertentu,” tegasnya.

“Mahasiswa UHO berasal dari 17 kabupaten/kota di Sultra. Di sinilah integritas kita diuji. Saya yakin, kalau misalnya parpol kita itu sehat ditambah pers yang mencerdaskan dengan pemberitaannya. Juga perguruan tinggi di Sultra bisa mengarahkan mahasiswa untuk kritis dan independen, serta pemilih yang cerdas dan rasional, maka sistem demokrasi kita pasti akan sehat,” pungkasnya. (p5/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"