PAN se-Sultra Akan Rembuk Tentukan Arah Pilihan di Kongres V

187
Sabaruddin Labamba.

KENDARI, BKK – Dewan pimpinan wilayah (DPW) dan 17 dewan pimpinan daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) akan melangsungkan rapat internal, membahas arah pilihannya di Kongres V yang akan diselenggarakan pada 12 Februari mendatang.

Ketua Tim Media Center Kongres V PAN Sabaruddin Labamba mengatakan, rapat tersebut dimaksudkan untuk menyatukan pikiran pengurus PAN se-Sultra yang memiliki hak pilih, apakan ingin menyeragamkan pilihannya atau memiliki penilaian tersendiri dalam memilih ketua umum (Ketum) PAN periode selanjutnya.

“Jadi, kita ingin mendengarkan dulu pandangan para pengurus PAN ini untuk memilih siapa. Ini kan pesta demokrasi partai, jadi sifatnya tidak bisa mengikat. Tergantung penilaian personal pengurus sendiri,” ujar Sabaruddin, Rabu (29/1).

Ia bilang, dalam rapat tersebut, bisa saja diputuskan pilihan yang sama dan bisa juga berbeda. Ada pertimbangan pribadi masing-masing.

“Pemilihan ini kan sifatnya rahasia. Tergantung harapan teman-teman pengurus seperti apa inginnya sosok ketum PAN yang akan memimpin 5 tahun ke depan,” tuturnya.

Tetapi menurut dia, terlepas dari pengalaman kongres-kongres PAN sebelumnya, terpilihnya ketum tidak terlepas dari peran Amien Rais di belakangnya.

“Amien Rais kan tokoh bangsa dan orang tua PAN. Pengalaman lalu setiap ketum yang terpilih tidak lepas dari peran beliau. Terlebih, ada satu calon ketum yang berpasangan dengan anaknya, Hanafi Rais,” tandasnya.

Diketahui, 4 calon ketum yang akan beradu di Kongres V PAN diantaranya Wakil Ketum PAN Mulfachri Harahap yang dikabarkan berpasangan dengan Hanafi Rais, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur, dan Ketum PAN sekarang Zulhas. (p5/iis)

Facebook Comments