Kabupaten Muna Segera Miliki Terminal Tipe B

221
Drs La Ode Nifaki Toe.

RAHA, BKK – Persoalan terminal di Kabupaten Muna sudah menjadi persoalan klasik. Hingga saat ini di Bumi Sowite itu belum memiliki terminal mobil yang representatif. Imbasnya marak terminal bayangan.

Satu-satunya terminal yang dimiliki hanya di Pasar Laino Raha. Itu pun sudah bercampur aduk dengan ratusan pedagang Pasar Laino Raha.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Muna Drs La Ode Nifaki Toe mengatakan, tahun ini terminal tipe B akan dibangun di Muna.

“Terminal tipe B itu akan dibangun Dishub Sulawesi Tenggara (Sultra). Kita di daerah hanya menyiapkan lahan dan syarat-syarat administrasinya. Lokasi pembangunannya akan difokuskan di Kecamatan Kontunaga,” terang Kadishub Muna ini.

Dia merinci, untuk membangun terminal Tipe B tersebut butuh anggaran sekira Rp2 miliar.

“Jadi, anggarannya itu sekira Rp2 miliar. Rencananya bulan depan, tim Dishub Sultra akan datang ke Muna untuk menindak lanjuti pembangunan terminal tipe B tersebut,” paparnya.

Ditegaskan, jika pembangunannya sudah rampung, maka Dishub Muna akan menerapkan aturan baku untuk trayek angkutan kota.

“Masalah trayek angkutan kota, nanti akan kita bahas bersama dengan Organda. Kemungkinan akan kita terapkan aturan baku,” pungkas Kadishub Kabupaten Muna ini. (tri/nir)

Facebook Comments