Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Dispar Sultra Gelar Sayembara Master Plan dan Penyusunan Master Plan Toronipa

52
Plt Kadis Dispar Sultra, I Gede Panca memperlihatkan lomba sayembara pariwisata toronipa. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal menggelar sayembara master plan dan sayembara penyusunan master plan kawasan toronipa. Tidak tanggung dalam sayembara ini yang meraih juara umum bakal mendapatkan hadiah utama berupa 1 buah mobil.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Sultra I Gede Panca mengatakan, sayembara ini merupakan ide murni Gubernur Sultra Ali Mazi. Dia bilang, lomba tersebut telah digagas sejak beberapa bulan lalu.

“Hasil atau pemenang akan kita umumkan pada minggu ke-2 Oktober nanti, melalui email Dispar Sultra. Untuk pendaftarannya kita sudah buka mulai hari ini (kemarin, red),” ujarnya, kemarin.

Dikatakan, saat ini panitia penyelenggara dan calon juri masih menggagas kerangka kerja dan acuan metode penilaian lomba tersebut.

Dia menambahkan, hingga kini pihaknya masih fokus membenahi penyelenggaraan lomba, yang nantinya diharapkan akan menjadi panduan bagi peserta lomba dalam mengumpulkan atau menyusun karyanya.

“Jadi nantinya tour ini akan berisi batas dan ruang lingkup yang dikerjakan calon peserta, beserta tujuannya. Dan data-data dasar pendukung apa, misi dan konsep yang jelas,” paparnya.

Panca menyebutkan, sayembara ini mempunyai beberapa visi dan tujuan, yakni peradaban dan peningkatan masyarakan Sultra, khusnya masyarakat sekitar toronipa dengan mencerminkan identitas daerah.

“Jadi nanti desain itu harus mencerminkan atau mampu membangun identitas Sultra. Dan menjamin adanya keberlanjutan ekonomi lingkungan mewujudkan kawasan toronipa indah, modern dan standar internasional,” tuntasnya. (m3/nir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"