Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

BLK Teken MoU dengan Kemenkumham Sultra

51
Kepala BLK La Ode Haji Polondu (tengah) saa meneken MoU dengan Kemenkumham Sultra.

KENDARI, BKK – Untuk mendukung program Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra), Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari teken kerja sama.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu, Rabu (15/1) mengatakan, kerja sama antara Kanwil Kemenkumham Sultra dan BLK bertujuan untuk melatih binaan lapas selama 1 tahun, dengan harapan warga binaan bisa menjadi terampil.

“Instruktur atau yang akan melatih warga binaan disediakan langsung BLK Kendari. Karena kita ingin yang dilatih bisa kompeten dengan menunjukan skill yang dimiliki, makanya kami sendiri yang menyiapkan instruktur yang telah tersertifikasi secara nasional,” ujarnya.

Polondu menjelaskan, dalam proses pelatihan nanti, BLK akan tutun langsung ke lapas untuk melatih warga binaan.

“Karena semua fasilitas seperti ruangan dan alat pendukung lainnya, telah disediakan pihak Kemenkumham Sultra. Jadi, kita hanya membantu dari sisi instruktur pelatih saja,” jelasnya.

Setelah mengikuti pelatihan selama setahun, kata dia, peserta latihan akan diberikan sertifikat, sebagai bukti bahwa warga binaan lapas telah memiliki kemampuan yang bisa digunakan ketika keluar nanti.

Sementara, Kanwil Kemenkumhan Sultra Sofyan menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih kepada BLK yang sudah berkoordinasi, dalam hal pembinaan warga binaan yang masih dalam masa hukuman di lapas atau rutan.

“Banyak sekali warga binaan yang sudah dibantu BLK Kendari. Seperti dilatih menjahit, salon, pembuatan barang kerajinan, dan masak kue. Inilah yang kami harapkan. Sehingga, warga binaan kami memiliki keterampilan,” tutup Sofyan. (m1-m2/nir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"