Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Tim SAR Kendari Evakuasi Kapal Penumpang Rute Lasalimu-Wanci

44
Tim SAR melakukan evakuasi penumpang KM Usaha Baru ke Pelabuhan Wanci (FOTO:IST).

KENDARI, BKK- Kapal Penumpang KM Usaha Baru rute Lasalimu-Wanci mengalami mati mesin di Perairan Kapota atau sekira 6 nautical mile dari Pos SAR Wakatobi, Senin (2/12) sekira pukul 12.30 Wita.

Sebanyak 28 orang penumpang kapal beserta 5 nakhoda dan anak buah kapal (ABK) berhasil dievakuasi tim SAR.

Kepala Kantor Badan SAR (Basarnas) Kendari Djunaidi mengatakan, tim recue Pos SAR Wakatobi yang menerima informasi sekira pukul 13.20 Wita, menggunakan RIB berangkay menju lokasi kejadian kecelakaan (LKK).

Pihaknya, sambung dia, melakukan pencarin dan pertolongan terhadap kapal yang mati mesin di peraiaran Kapota tersebut.

“Jadi sekira pukul 13.50 Wita, tim rescue SAR Wakatobi bersama unsur yang terlibat dilapangan berhasil menemukan Kapal KM Usaha Baru di Perairan Karang Kapota bersama 33 orang penumpang dalam keadaan selama,” ujar Djunaidi.

Kemudian, Djunaidi menyebutkan kapal yang mati mesin tersebut ditarik dengan menggunakan Kapal KM Azhar menuju Pelabuhan Wanci.

“Proses penerikan kapalnya dikawal oleh tim rescue hingga dengan menggunakan RIB hingga sampai di Pelabuhan Wanci,” ujarnya.

Lanjut dia, sekira pukul 15.10 Wita KM Usaha Baru tersebut tiba di Pelabuhan Wanci bersama 28 penumpang bersama 5 orang yang terdiri dari nahkoda dan ABK dievakuasi dalam keadaan selama.

“Setelah kapal di evakuasi di Pelabuhan Wanci, sekira pukul 15.25 Wita operasi SAR terhadap KM Usaha Baru yang mengalami mati mesin dinyatakan selesai dan ditutup,” pingkasnya. (p2/man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"