Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Stasiun Kereta Api Kendari Dibangun di Bungkutoko

70
Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Rencana pembangunan jalur kereta api di Sulawesi Tenggara (Sultra) memasuki babak baru. Pemerintah pusat dan daerah serta konsultan pelaksana proyek ini telah bersepakat dalam penetapan jalur.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sultra Hado Hasina mengungkapakan, Senin (2/12), daerah daratan di Sultra yang akan dilalui jalur kereta api adalah Kolaka, Konawe, dan Kota Kendari. Terminal Kota Kendari akan dibangun di Bungkutoko.

“Penetapan koridor alternatif jalur KA yaitu melalui Bungkutoko, masuk lingkar Selatan menuju Puuwatu, setelah itu kawasan industri Morosi,  terus ke Rahabangga di Unaaha, setelah itu Kolaka Timur (Koltim) di Terminal Tawainalu sampai berakhir di Terminal Sabilambo Kolaka,” jelas Hado.

“Jadi, ini sesuai hasil rapat kami dengan pemerintah pusat pada minggu lalu,” tambahnya.

Dikatakan, setelah penetapan alternatif jalurnya sudah ada, kini tinggal bagaimana dilakukan survei lanjutan berkait kelayakan jalur yang dipilih.

“Nantinya akan terintegrasi dengan seluruh simpul ruas transportasi yang ada, dan saat ini masih tahap awal dari studi perencanaan,” jelasnya.

Ia menambahkan, setelah tahapan ini masih akan ada beberapa tahapan lagi seperti studi lingkungan, master plan, detail engineering design (DED), yang nantinya akan kelihatan berapa sungai dilewati, berapa biayanya.

“Tahapan pelaksanaanya seperti apa, serta berapa biayanya serta tahap desain,” paparnya. (p3/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"