Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Penting, Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu

80
Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun saat tampil sebagai keynote speaker dalam seminar nasional tentang Hasil Hutan Bukan Kayu. (NINDI/BKK)

KENDARI, BKK – Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) mengadakan seminar nasional, Senin (2/12) di Hotel Claro dengan tema Hasil Hutan Bukan kayu (HHBK).
Dekan Fakultas Kehutanan UHO, Prof Dr Aminuddin Mane mengatakan, penting menyosialisasikan ke semua masyarakat bahwa hutan kita di Indonesia ini cukup kaya dan selama ini kita hanya mengenal hutan itu hanya hasil kayunya saja.
“Dari eksplorasi yang diekspor ternyata banyak hasil hutan bukan kayu yang harus kita eksplorasi dan kita angkat ke permukaan, misalnya perubahan dari budidaya lebah itu ada di kawasan hutan,” tuturnya saat temui awak media.
Dia menambahkan, kegiatan ini jangan hanya selesai di ruangan saja tetapi ditindaklanjuti dan dapat dilanjutkan Dinas Kehutanan yang ada di Sultra.
“Kami menginginkan setiap akhir semester itu dengan tim dosen dan mahasiswa untuk berkunjung ke masing-masing daerah untuk ambil peran supaya hutan kita tetap terpelihara karena hutan merupakan paru-paru dunia bagi kita semua,” tambahnya.
Pemanasan global akan terus mengancam lingkungan karena hutan perannya menyerap karbondioksida kemudian memproduksi oksigen yang sangat bermanfaat. Masalahnya,  pemerintah saat ini menghadapi situasi iklim global yang semakin tinggi. Apalagi saat ini sedang dimasuki para penambang yang akan menguras lahan hutan di Sultra.
“Sebagai pengganti yang harus kita lakukan adalah pemetaan, bagaimana kita membagi kawasan itu, mana kawasan lindung dan mana kawasan produksi,” jelasnya.
Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun saat tampil sebagai keynote speaker menjelaskan, bukan hanya FHIL, banyak fakultas lain di UHO dapat mengadakan kegiatan yang sama. Paling tidak, kata Zamrun, menjalin kerja sama kolaborasi guna untuk meningkatkan kualitas masing-masing fakultas di UHO.
“Artinya jika dosen di UHO penelitiannya bagus tentu saja akan meningkatkan kualitas fakultas itu. Paling utama hal ini juga menunjukkan selama ini jika dipikir hutan itu di kalangan masyarakat umum cuma kayu, ternyata masih banyak hal lain bukan hanya kayu,” urai Zamrun.
“Jadi hari ini dapat membuka wawasan lagi untuk kita bahwa di hutan bukan cuma kayu yang bisa dieksplorasi, masih banyak hal lain yang bisa yang diharapkan untuk meningkatkan program masyarakat,” tambahnya. (mg6)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"