Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Pemprov Sultra Gelar Lokakarya Peningkatan Daya Saing Daerah

45
Pemprov Sultra menggelar lokakarya peningkatan daya saing daerah. (FOTO:FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan daya saing daerah. Salah satu caranya yakni mendorong ekonomi lokal dan investasi swasata.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sultra Sukanto Toding mengatakan, melalui lokakarya kebalitbangan dilakukan untuk penguatan indeks daya saing daerah lingkup pemprov dan pemerintah kabupaten/kota.

“Daya saing bagi daerah sangatlah penting, utamanya bagi pembangunan daerah,” terang Sukanto, Senin (2/12).

Dikatakan, strategi daya saing wilayah menunjukkan kemampuan suatu wilayah, dalam menciptakan nilai tambah untuk menciptakan kesejahteraan yang berkelanjutan.

“Penggunaan indeks daya saing ini sangat penting, untuk menetukan fokus dan prioritas pembangunan daerah di Sultra,” jelasnya.

Sukanto menyebut, daya saing menarik investasi pertambangan antara Sultra dan Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sama-sama mepunyai fasilitas, namun membedahakan dari indeks desainnya.

“Sulteng ternyata lebih maju dari Sultra kalau, hanya karena misalnya kemudahan administrasi, pengurusan, kepastian bisnis dan lain sebagainya. Olehnya itu, kami terus mendorong peningkatan daya saing di Sultra di bidang infrastruktur, kelembagaan, sumber daya manusia, dan kekayaan inovasi,” pungkasnya. (p3/man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"